Penerapan Metode Karyawisata dalam Meningkatkan Kepedulian Lingkungan pada Anak Usia 3-5 Tahun
Abstract
Rasa penasaran dan keingintahuan anak ketika mengamati lingkungan disekitarnya merupakan stimulus yang positif dalam merangsang kepedulian anak kepada lingkungan sejak dini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode karyawisata dan hasil peningkatan rasa kepedulian lingkungan pada anak usia 3-5 tahun di PPT Anggrek dengan menerapkan metode karyawisata dengan metode penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek pada penelitian ini adalah anak yang berusia 3-5 tahun sebanyak 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Adapun Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) melakukan kunjungan pada Edu City Lontar Sewu Hendrosari dan Taman Anggrek untuk kegiatan memilah sampah kering, menanam bayam, menyiram bunga anggrek,membersihkan lingkungan taman, dan membuang sampah sesuai jenisnya. 2) terjadi peningkatan perkembangan anak pada indikator 1 dari kondisi pra siklus 30% menjadi 90% di siklus II, pada indikator 2 dari kondisi pra siklus 30% menjadi 80% di siklus II, dan pada indikator 3 dari pra siklus 20% menjadi 80% di siklus 2, secara klasikal diperoleh persentase awal sampai akhir adalah 27% pada pra siklus, 53% pada siklus I, dan 83% pada siklus II.
References
Agus Sumitra, & Meida Panjaitan. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini melalui Metode Karyawisata. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–42. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/3342/1822
Apriliani, H. N., Lyesmaya, D., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Karakter Peduli Lingkungan Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Buku Siswa Kelas Iv. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(2), 20. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i2.824
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azminah, S. N., Citrasukmawati, A., & Kristanto, W. (2023). Penerapan Pembelajaran STEAM dalam Eksperimen Air dan Energi Panas untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Pendahuluan Perkembangan merupakan suatu istilah yang tidak asing , dimana perkembangan. 40–56.
Handayani, R., Noor, I. G., & Dewi, R. S. (2024). Peran Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah dalam Membentuk Generasi Cerdas dan Bertanggung Jawab terhadap Kelestarian Alam. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), 372–377. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i3.560
I Ketut Sudarsana. (2018). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Di Sekolah (Persepektif Teori Konstruktivisme). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 8–15. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/41/40
Isjoni. (2016). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.
Kalsum, S., & Suryanti, D. S. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Karyawisata terhadap Aspek Perkembangan Nilai Moral Anak. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 28. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i1.8108
Nabila, S. U., Lestari, G. D., & Yulianingsih, W. (2023). Pembiasaan Nilai-Nilai Kepedulian Lingkungan pada Anak Usia Dini melalui Prinsip Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1105–1118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3859
Pramudita, T., & Setyawati, S. P. (2023). Membangun Karakter Peduli Lingkungan Melalui Bimbingan Kelompok dengan Metode Karya Wisata. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 595–601. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3857
Rahmawati, F., Emiliawati, I., Tri Astuti, I., Fatimah, S., & Dian Sumadi, C. (2022). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis melalui Perilaku Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar: Analisis Review. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(3), 177–188. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p177-188
Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.53515/cji.2020.1.1.1-6
Suhartini Nurul Azminah. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK SITI KHODIJAH PUCUK LAMONGAN. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1). Retrieved from https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3686/2870
Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pancasila Satuan PAUD. In Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Copyright (c) 2025 Suhartini Nurul Azminah, Handjarweni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






