Pengaruh Komunikasi Keluarga Utuh Terhadap Pengungkapan Diri Siswa

  • Suci Risalatuz Zuhro Universitas jambi
  • Nelyahardi Gutji Universitas Jambi
  • Hera Wahyuni Universitas Jambi
Keywords: Komunikasi Keluarga Utuh, Pengungkapan Diri

Abstract

Dalam penelitian ini memiliki tujuan  untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pada variabel (X)  komunikasi keluarga utuh terhadap variabel (Y) pengungkapan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Kota Jambi sebagai responden. Dimana jenis dari penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan sistem penarikan sampel berupa teknik Simple Random sampling sebanyak 145 siswa. Analisis data penelitian yang diperoleh mendapatkan hasil analisis regresi sederhana sebesar 0,928 dipersentasekan mejadi 92% termasuk sangat kuat yang artinya dari variabel (Y) pengungkapan diri memiliki pengaruh terhadap variabel (X) komunikasi keluarga utuh, hasil persamaan regresi sederhana menunjukakan  hasil Y =  -21.105+ 0,968 X, dimana komunikasi keluarga utuh berpengaruh sebesar 0,968 terhadap  pengungkapan diri.

 

References

Asaari, D. 2016. Telaahan Kebijakan (Pengaruh) Komunikasi Efektif Antar Orang Tua Dan Anggota Keluarga Terhadap Ketahanan Keluarga Di Provinsi Dki Jakarta. Jurnal Energi Dan Manufaktur. Kementrian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak. Jakarta: Yayasan Melati. Vol.9 (2). e-ISSN: 2302-5255. DOI: 10.22219/.v2i2.4219

Clarissa, J. And Tamburian, H. H. D,. 2020. Instagram Dan Self Disclosure Dalam Perspektif Komunikasi Antarpribadi Terhadap Siswa - Siswi Sma Santo Kristoforus II. Jurnal Koneksi. Jakarta: Universitas Tarumanegara. Vol.3(2). e-ISSN: 2598-0785. DOI: 10.24912/kn.v3i2.6366

Direktorat Pengembangan Ketahanan Keluarga BKKBN. 2009. Penyuluhan Bina Keluarga Remaja (BKR). Jakarta

Farber, B. A., 2006. Self-Disclosure In Psychotherapy. Guilford Publications

Herdiyanto, Y. A., Supriyadi, 2016. Psikologi Sosial I. Program Studi Psikologi. Diktat Kuliah. Bali: Universitas Udayana

Ifdil, 2013. Konsep Dasar Self Disclosure Dan Pentingnya Bagi Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang. Vol. XIII(1).

Ismaya, B. 2019. Bimbingan & Konseling: Studi, Karier, dan Keluarga. Bandung: Refika Aditama

Kulsum, U. Jauhar, M., 2014. Pengantar Psikologi Sosial. Jakarta : Prestasi Pustaka

Masi, L, M., 2021. Analisis Kondisi Psikologis Anak dari Keluarga Tidak Utuh pada Siswa SMA PGRI Kupang. Jurnal Kependidikan. Kupang: Universitas Nusa Cendana.Vol7(1). e-ISSN: 2442-7667. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.2968

Rini, E. S. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). Malang:Universitas Kanjuruhan. Vol9(2). e-ISSN:1858-4985. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI

Slameto, 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suryabrata, S. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tuasikal, J. M. S., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2016). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa. Konselor, Vol. 5 (3), Hal. 133-138.

Wantu, T., & Tuasikal, J. M. S. (2020). Pengaruh Kinerja Tutor Asrama Terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.128

Zulkifli, A. 2018. Self-Disclosure Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dan Self-Esteem Pada Remaja Pengguna Media Sosial. Journal Of Psychological Science And Profession. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Vol 2(2). DOI: 10.24198/jpsp.v2i2.21194.

Published
2022-11-25
How to Cite
Risalatuz Zuhro, S., Gutji, N., & Wahyuni, H. (2022). Pengaruh Komunikasi Keluarga Utuh Terhadap Pengungkapan Diri Siswa. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 3(2), 59-66. https://doi.org/10.37411/jgcj.v3i2.1345