Pengaruh Komunikasi Keluarga Utuh Terhadap Pengungkapan Diri Siswa
Abstract
Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pada variabel (X) komunikasi keluarga utuh terhadap variabel (Y) pengungkapan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Kota Jambi sebagai responden. Dimana jenis dari penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan sistem penarikan sampel berupa teknik Simple Random sampling sebanyak 145 siswa. Analisis data penelitian yang diperoleh mendapatkan hasil analisis regresi sederhana sebesar 0,928 dipersentasekan mejadi 92% termasuk sangat kuat yang artinya dari variabel (Y) pengungkapan diri memiliki pengaruh terhadap variabel (X) komunikasi keluarga utuh, hasil persamaan regresi sederhana menunjukakan hasil Y = -21.105+ 0,968 X, dimana komunikasi keluarga utuh berpengaruh sebesar 0,968 terhadap pengungkapan diri.
References
Asaari, D. 2016. Telaahan Kebijakan (Pengaruh) Komunikasi Efektif Antar Orang Tua Dan Anggota Keluarga Terhadap Ketahanan Keluarga Di Provinsi Dki Jakarta. Jurnal Energi Dan Manufaktur. Kementrian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak. Jakarta: Yayasan Melati. Vol.9 (2). e-ISSN: 2302-5255. DOI: 10.22219/.v2i2.4219
Clarissa, J. And Tamburian, H. H. D,. 2020. Instagram Dan Self Disclosure Dalam Perspektif Komunikasi Antarpribadi Terhadap Siswa - Siswi Sma Santo Kristoforus II. Jurnal Koneksi. Jakarta: Universitas Tarumanegara. Vol.3(2). e-ISSN: 2598-0785. DOI: 10.24912/kn.v3i2.6366
Direktorat Pengembangan Ketahanan Keluarga BKKBN. 2009. Penyuluhan Bina Keluarga Remaja (BKR). Jakarta
Farber, B. A., 2006. Self-Disclosure In Psychotherapy. Guilford Publications
Herdiyanto, Y. A., Supriyadi, 2016. Psikologi Sosial I. Program Studi Psikologi. Diktat Kuliah. Bali: Universitas Udayana
Ifdil, 2013. Konsep Dasar Self Disclosure Dan Pentingnya Bagi Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang. Vol. XIII(1).
Ismaya, B. 2019. Bimbingan & Konseling: Studi, Karier, dan Keluarga. Bandung: Refika Aditama
Kulsum, U. Jauhar, M., 2014. Pengantar Psikologi Sosial. Jakarta : Prestasi Pustaka
Masi, L, M., 2021. Analisis Kondisi Psikologis Anak dari Keluarga Tidak Utuh pada Siswa SMA PGRI Kupang. Jurnal Kependidikan. Kupang: Universitas Nusa Cendana.Vol7(1). e-ISSN: 2442-7667. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.2968
Rini, E. S. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). Malang:Universitas Kanjuruhan. Vol9(2). e-ISSN:1858-4985. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI
Slameto, 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suryabrata, S. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Tuasikal, J. M. S., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2016). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa. Konselor, Vol. 5 (3), Hal. 133-138.
Wantu, T., & Tuasikal, J. M. S. (2020). Pengaruh Kinerja Tutor Asrama Terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.128
Zulkifli, A. 2018. Self-Disclosure Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dan Self-Esteem Pada Remaja Pengguna Media Sosial. Journal Of Psychological Science And Profession. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Vol 2(2). DOI: 10.24198/jpsp.v2i2.21194.
Copyright (c) 2022 Suci Risalatuzzuhro, Nelyahardi Gutji, Hera Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.