Korelasi Antara Self Concept dengan Public Speaking pada Peserta Didik

  • Heni Safitri Universitas Jambi
  • Rasimin Universitas Jambi
  • Hera Wahyuni Universitas Jambi
Keywords: Konsep diri, Kecemasan, Public Speaking

Abstract

Kemampuan berbicara di depan umum menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki siswa, namun tidak jarang terdapat siswa yang mengalami cemas ketika berbicara di depan umum. salah satu penyebab kecemasan yang dialami siswa adalah takut salah, ditertawakan, rendah diri dan kurangnya percaya  diri dan penerimaan diri siswa yang sangat berkaitan erat dengan konsep diri siswa. tujuan penelitian ini dilakukan untuk megungkapkan tingkat persentase dan mengungkap hubungan antara konsep diri dan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa di SMPN 5 Kota Jambi. sampel pada penelitian ini yaitu 119 siswa kelas VIII di SMP N 5 Kota Jambi. alat pengumpulan data menggunakan instrumen DASS dan Instrumen Konsep Diri yang diadaptasi dan di modifikasi, kemudia di olah menggunakan rumus persentase Formula C dan teknik analisis data dengan rumus Korelasi Pearson Product Moment.  Hasil analisis yang didperoleh diharapkan memberikan implikasi terhadap layanan bimbingan dan konseling, terutama dalam memebantu siswa meningkatkan konsep diri pada siswa agar siswa terhindar dari kecemasan berbicara di depan umum.

References

Agustina, A., Yusmansyah & Shinta, M. (2013). Upaya Menggurangi Kecemasan Berbicara di Depan Umum Mengunakan Teknik Relaksasi. Skripsi, 1-12.

Fahrianti, F. & Nurmina. (2021). Perbedaan Kecemasan Mahasiswa Baru Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai. ISSN :2614-3097.

Gufron, M, N. & Rini, R. S. (2010). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta : At-Ruzz Media.

Hawari, Dadang. (2011). Manajemen Stress Cemas dan Depresi. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Pramitasari, S. and Ariana, A. D. (2014) Hubungan antara Konsep Diri Fisik dan Kecenderungan Kecemasan Sosial pada Remaja Awal, Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 3(1), pp. 48–53.

Pratiwi, Meliayana, E. (2021). Konsep diri siswa SMPN 4 Kota Jambi. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.

Rahmah, S. & Nurl, H. (2020). Penerapan Guided Mental Imaginery untuk Menerapkan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Prosiding Seminal Nasional Magister., pp 8-20.

Rakhmat, Jalaluddin. (2018). Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ranny, Rie Azizi A.M. (2017) Konsep diri remaja dan peranan konseling, Jurnal Penelitian guru indonesia.

Rasimin, Yusra, A & Hera, W. (2021) Efektivitas layanan bimbingan kelompok berbasis problem based learning untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Edukatif : Jurnal ilmu pendidikan, ISSN 2656-8071.

Simon, J. & Capio, C. M (2012) Self-concept and physical self-concept in psychiatric children and adolescents. Research in Developmental Disabilities. 33, pp 374-881.

Sutja, A. (2017) Penulisan Skripsi untuk Prodi Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Writing Revolution.

Zulkarnain, Iskandar. Dkk. (2020) Membentuk Konsep Diri Melalui Budaya

Tutur: Tinjauan Psikologi Komunikasi. Sumatera Utara: PUSPANTARA

PUBLISHING.

Published
2022-05-20
How to Cite
Safitri, H., Rasimin, & Wahyuni, H. (2022). Korelasi Antara Self Concept dengan Public Speaking pada Peserta Didik. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 3(1), 46-51. https://doi.org/10.37411/jgcj.v3i1.1287