Korelasi Antara Self Concept dengan Public Speaking pada Peserta Didik
Abstract
Kemampuan berbicara di depan umum menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki siswa, namun tidak jarang terdapat siswa yang mengalami cemas ketika berbicara di depan umum. salah satu penyebab kecemasan yang dialami siswa adalah takut salah, ditertawakan, rendah diri dan kurangnya percaya diri dan penerimaan diri siswa yang sangat berkaitan erat dengan konsep diri siswa. tujuan penelitian ini dilakukan untuk megungkapkan tingkat persentase dan mengungkap hubungan antara konsep diri dan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa di SMPN 5 Kota Jambi. sampel pada penelitian ini yaitu 119 siswa kelas VIII di SMP N 5 Kota Jambi. alat pengumpulan data menggunakan instrumen DASS dan Instrumen Konsep Diri yang diadaptasi dan di modifikasi, kemudia di olah menggunakan rumus persentase Formula C dan teknik analisis data dengan rumus Korelasi Pearson Product Moment. Hasil analisis yang didperoleh diharapkan memberikan implikasi terhadap layanan bimbingan dan konseling, terutama dalam memebantu siswa meningkatkan konsep diri pada siswa agar siswa terhindar dari kecemasan berbicara di depan umum.
References
Agustina, A., Yusmansyah & Shinta, M. (2013). Upaya Menggurangi Kecemasan Berbicara di Depan Umum Mengunakan Teknik Relaksasi. Skripsi, 1-12.
Fahrianti, F. & Nurmina. (2021). Perbedaan Kecemasan Mahasiswa Baru Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai. ISSN :2614-3097.
Gufron, M, N. & Rini, R. S. (2010). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta : At-Ruzz Media.
Hawari, Dadang. (2011). Manajemen Stress Cemas dan Depresi. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.
Pramitasari, S. and Ariana, A. D. (2014) Hubungan antara Konsep Diri Fisik dan Kecenderungan Kecemasan Sosial pada Remaja Awal, Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 3(1), pp. 48–53.
Pratiwi, Meliayana, E. (2021). Konsep diri siswa SMPN 4 Kota Jambi. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.
Rahmah, S. & Nurl, H. (2020). Penerapan Guided Mental Imaginery untuk Menerapkan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Prosiding Seminal Nasional Magister., pp 8-20.
Rakhmat, Jalaluddin. (2018). Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Ranny, Rie Azizi A.M. (2017) Konsep diri remaja dan peranan konseling, Jurnal Penelitian guru indonesia.
Rasimin, Yusra, A & Hera, W. (2021) Efektivitas layanan bimbingan kelompok berbasis problem based learning untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Edukatif : Jurnal ilmu pendidikan, ISSN 2656-8071.
Simon, J. & Capio, C. M (2012) Self-concept and physical self-concept in psychiatric children and adolescents. Research in Developmental Disabilities. 33, pp 374-881.
Sutja, A. (2017) Penulisan Skripsi untuk Prodi Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Writing Revolution.
Zulkarnain, Iskandar. Dkk. (2020) Membentuk Konsep Diri Melalui Budaya
Tutur: Tinjauan Psikologi Komunikasi. Sumatera Utara: PUSPANTARA
PUBLISHING.
Copyright (c) 2022 Heni Safitri, Rasimin, Hera Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.