Peran Pendampingan Orangtua Dalam Memandirikan Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Usia Sekolah Dasar

  • Azi Dimas Nurwansyah Universitas Jambi
  • Rasimin Universitas Jambi
  • Siti Amanah Universitas Jambi
Keywords: Pendampingan Orangtua, Anak, Mandiri belajar, Covid-19

Abstract

Untuk mengurangi penyebaran Covid-19 pada bidang pendidikan di Indonesia, pemerintah manghimbau sekolah untuk belajar dari rumah atau daring. Tujuan penelitian ini mengungkapkan dan mendeskripsikan bentuk kemandirian anak sekolah dasar dalam belajar dan bentuk pendampingan orangtua dalam memandirikan belajar anak sekolah dasar.  Penelitian ini merupkan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini dipilih melalui teknik Snowball. Informasi yang didapat disusun dengan cara verbatim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memandirikan belajar anak pada masa pandemic cocid-19 usia sekolah dasar, orangtua memiliki peran yang sangat penting. Pendampingan orangtua dapat menciptkan suasana yang baik untuk anak. Dari pendampingan orangtua anak merasa mendapatkan perhatian dari keluarganya

 

References

Ahmadi, R. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Maymunawati S dan Alif M. 2020. Peran Guru, Orangtua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19”. Banten: 3M Media Karya Serang
Moleong, L. J. 2019. Metode penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
No, U. U. (20). tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Purnamasari, D. S. S. (2014). Hubungan Antara Kemandirian Dan Motivasi Dengan Hasil Belajar Standar Kompetensi Mengelola Peralatan Kantor Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan.
Purnamasari, Y. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemandirian Belajar Dan Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 209664.
Rahmita, I. A. H., & Waty, E. R. K. (2018). Pendampingan Anak Oleh Orang Tua Dalam Menanamkan Kemandirian Di Desa Sungai Keli Kabupaten Ogan Ilir.
Ridho, Muhammad. (2020). Teori Motivasi McCLELLAND dan Implikasinya dalam Pembelajaran PAI. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 8(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. (2016). Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75-84.
Sunito I & Tim Guru BK SPJ. 2020. Panduan Pendampingan Orangtua. Sekolah Pembangunan Jaya
Sutja, A. dkk. (2017). Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan Dan Konseling.Yogyakarta: Wahana Resolusi.
Yulianingsih, W. dkk. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150.
Published
2023-05-31
How to Cite
Nurwansyah, A. D., Rasimin, & Amanah, S. (2023). Peran Pendampingan Orangtua Dalam Memandirikan Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Usia Sekolah Dasar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 4(1), 9-16. https://doi.org/10.37411/jgcj.v4i1.2216