Peran Pendampingan Orangtua Dalam Memandirikan Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Usia Sekolah Dasar
Abstract
Untuk mengurangi penyebaran Covid-19 pada bidang pendidikan di Indonesia, pemerintah manghimbau sekolah untuk belajar dari rumah atau daring. Tujuan penelitian ini mengungkapkan dan mendeskripsikan bentuk kemandirian anak sekolah dasar dalam belajar dan bentuk pendampingan orangtua dalam memandirikan belajar anak sekolah dasar. Penelitian ini merupkan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini dipilih melalui teknik Snowball. Informasi yang didapat disusun dengan cara verbatim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memandirikan belajar anak pada masa pandemic cocid-19 usia sekolah dasar, orangtua memiliki peran yang sangat penting. Pendampingan orangtua dapat menciptkan suasana yang baik untuk anak. Dari pendampingan orangtua anak merasa mendapatkan perhatian dari keluarganya
References
Maymunawati S dan Alif M. 2020. Peran Guru, Orangtua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19”. Banten: 3M Media Karya Serang
Moleong, L. J. 2019. Metode penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
No, U. U. (20). tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Purnamasari, D. S. S. (2014). Hubungan Antara Kemandirian Dan Motivasi Dengan Hasil Belajar Standar Kompetensi Mengelola Peralatan Kantor Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan.
Purnamasari, Y. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemandirian Belajar Dan Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 209664.
Rahmita, I. A. H., & Waty, E. R. K. (2018). Pendampingan Anak Oleh Orang Tua Dalam Menanamkan Kemandirian Di Desa Sungai Keli Kabupaten Ogan Ilir.
Ridho, Muhammad. (2020). Teori Motivasi McCLELLAND dan Implikasinya dalam Pembelajaran PAI. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 8(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. (2016). Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75-84.
Sunito I & Tim Guru BK SPJ. 2020. Panduan Pendampingan Orangtua. Sekolah Pembangunan Jaya
Sutja, A. dkk. (2017). Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan Dan Konseling.Yogyakarta: Wahana Resolusi.
Yulianingsih, W. dkk. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150.
Copyright (c) 2023 azi dimas nurwansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.