Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku Bullying Pada Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kotamobagu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu ingin mendeskripsikan dan mendapatkan gambaran terkait faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku bullying dikalangan Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kotamobagu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 faktor penyebab terjadinya bullying di SMP Negeri 4 Kotamobagu yaitu faktor keluarga, faktor teman sebaya, faktor tayangan televisi dan media sosial. Peran orang tua dan guru sangat diharapkan dalam mencegah terjadinya perilaku bullying di sekolah.
References
Arifin, Z. (2020). Bentuk dan Dampak Perilaku Bullying Terhadap Peserta Didik
Arya, L. (2018). Melawan Bullying: Menggagas Kurikulum Anti Bullying di Sekolah. Mojokerto: Sepilar Publishing House
Astuti, P. R. (2008). Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Menanggulangi Kekerasan pada Anak. Jakarta: Grasindo.
Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 5(1), 19–32. https://doi.org/10.34125/kp.v5i1.454
Suci Budiarti, https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/6686-Full_Text.pdf
Buan, Y. A. L. (2021). Guru dan Pendidikan Karakter: Sinergitas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Indramayu: Penerbit Adab.
Hamidah, Z. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menangani Kasus Bullying di SMP Ta’miriyah Surabaya. UIN Sunan Ampel. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 5(1), 19–32. https://doi.org/10.34125/kp.v5i1.454
Hendri. (2020). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Pendidikan Pesantren dalam Membentuk Keadaban Moral Santri. Jurnal Kewarganegaraan, 17(1), 35–49. https://doi.org/10.24114/jk.v17i1.18702. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 5(1), 19–32. https://doi.org/10.34125/kp.v5i1.454.
Copyright (c) 2023 Saleh Al Hamid, Siti Mokoginta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.