Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua di Rumah Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh bimbingan belajar orang tua dirumah terhadap kemampuan menulis permulaan anak usia 5-6 tahun pada masa pandemi Covid-l9 di TK Dahlia Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis pre-eksperimental one group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 15 orang. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan data pretest memperoleh hasil nilai rata-rata l9,95 dengan standar deviasi 0.85375 dan hasil nilai rata-rata post- test 29,46 dengan standar deviasi 3.052l4. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan melalui uji t menunjukkan bahwa Hl diterima. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas yang dilakukan orang tua dan anak selama pembelajaran dari rumah yang dilakukan secara bermakna dengan bantuan guru secara efektif meningkatkan kemampuan menulis awal anak.
References
Azis, M., & Adila, N. S. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Permulaan PAUD Di Kelompok Bermain Fun Islamic School. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 100-110.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19:(Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri–Cikarang Barat–Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208-218.
Fatmawati, F. A. (2020).Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Caremedia Communication.
HANDAYANI, H. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN PAPAN PASIR PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III DI SLB NEGERI 1 GOWA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Kapiso, W., Djuko, R. U., & Laiya, S. W. (2021). Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6. Student Journal of Early Childhood Education, 1(1), 29-39
Listyaningrum, I., Wulandari, M. D., & Psi, S. (2018). Media Trigonal Pencil Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas II MIN Dibal Ngemplak Boyolali (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran guru, orang tua, metode dan media pembelajaran: strategi kbm di masa pandemi covid-19. 3M Media Karya.
Muthiah, M., Sumardi, S., & Rahman, T. (2020). Desain Media Pasir Kinetik untuk Memfasilitasi Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 207-218.
Nafisah, W. U. (2016).PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs NU AL-FALAH TANJUNGREJO JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Doctoral dissertation, Stain Kudus).
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.
Susanto Ahmad, 2017. Pendidikan Anak Usia Dini Konsep Dan Teori. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Widyastuti, A. (2017). Analisis Tahapan Menulis Dan Stimulasi Anak Kelompok B-1 Tk Islam Assaadah Limo Depok.AWLADY: Jurnal
Copyright (c) 2022 Hajira Podungge, Setiyo Utoyo, Sri Wahyuningsi Laiya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.