Pembentukan Karakter Peduli Sosial pada Anak Sejak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19

  • Riri Kesuma Deva Universitas Negeri Padang
  • Lili Dasa Putri Universitas Negeri Padang
Keywords: Pembentukan karakter, nilai peduli sosial, anak usia dini

Abstract

Kondisi pandemi ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan formal dalam upaya pembentukan pendidikan karakter. Metode penelitian yang digunakan  adalah studi literatur.  Karakter peduli sosial adalah suatu sikap atau perilaku dan tindakan seseorang terhadap suatu keadaan yang terjadi dilingkungan sekitarnya untuk membantu atau memberi pertolongan kepada seseorang.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa akibat diberlakukannya belajar dirumah akan mengakibatkan karakter peduli sosial dan karakter anak yang lainnya menurun. Oleh karena itu, pembentukan pendidikan karakter kepedulian sosial anak sejak pandemi harus menjadi urgensi yang harus dilakukan. Hal ini agar ketika anak memasuki lingkungan sekolah  mereka tetap akan memiliki karakter yang baik dan  saling menghargai sesama lainnya. Dengan demikian, orang tua harus mampu memotivasi serta memberikan pelajaran ataupun contoh bagaimana belajar yang baik,dan  peduli terhadap lingkungan disekitar tempat tinggal anak. Disisi lain orangtua juga harus mampu menanamkan nilai-nilai karakter terutama karakter peduli sosial kepada anak, dengan berbagai cara yang harus dilakukan.

References

Abdusshomad, Alwazir. 2020. “Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 12(2): 107–15.
Basuki, Kustiadi. 2019. “済無No Title No Title.” ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta 53(9): 1689–99. www.journal.uta45jakarta.ac.id.
Jumini. 2015. “PENINGKATAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN Jumini, Muhamad Ali, Dian Miranda.” Universitas Tanjungpura: 1–18.
Karmila, Mila. “Urgensi pembentukan karakter peduli sosial sejak usia dini.”
Khaironi, Mulianah. 2017. “PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI Mulianah.” Golden Age Universitas Hamzanwadi 01(2): 82–89.
Kusuma, Wening Sekar, dan Panggung Sutapa. 2020. “Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2): 1635–43.
Nafisah, Fiina Tsamrotun, dan Ashif Az Zafi. 2020. “Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam di Tengah Pendemi Covid-19.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 8(1): 1–20.
Prabowo, Sultan Hadi, Agus Fakhruddin, dan Miftahur Rohman. 2020. “PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM Abstrak Kata Kunci : Peran Orang Tua , Pendidikan Karakter , Pandemi Covid-19 , PENDAHULUAN Keberhasilan pendidikan formal yang ditempuh seorang anak tida.” Pendidikan Islam 11(2): 191–207.
Samrin. 2016. “Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai).” Jurnal Al-Ta’dib 9(1): 120–43. https://media.neliti.com/media/publications/235693-pendidikan-karakter-sebuah-pendekatan-ni-71618df5.pdf.
Santoso, Suyahmo , Maman Rachman, Cahyo Budi Utomo. 2020. “Urgensi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid 19.” Seminar Nasional Pascasarjana: 559.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta
Zed, M. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Published
2022-12-30
Section
Articles