Pemberdayaan Masyarakat Dalam Program Corporate Social Responsibility (CSR) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nandang Faturohman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Herlina Siregar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Tahapan Pemberdayaan, Peran Perusahaan, Kesejahteraan Masyarakat

Abstract

(1) Kontribusi perusahaan dalam mendukung pelaku UMKM dan membina pengembangan usaha lokal menjadi fokus kajian ini melalui program CSR Perusahaan dengan mitra binaan Bubur Herbal Sarang Burung Walet di Desa Caringin Kecamatan Labuan. (2) Tercapainya pemberdayaan masyarakat melalui program CSR dalam mensejahterakan masyarakat. Dengan menjadikan mitra perusahaan sebagai bentuk perwujudan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat, metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang digunakan akan mempelajari hasil dari proses pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh perusahaan melalui program CSR. Kami menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara sebagai metode pengumpulan data kami. Berdasarkan temuan penelitian, tahapan pemberdayaan dilaksanakan dengan cukup sukses, dengan setiap tahapan diikuti secara berurutan, peran perusahaan dalam melaksanakan program pemberdayaan sudah berjalan dengan baik, serta hasil dari program pemberdayaan untuk kesejahteraan masyarakat sudah mampu membuat masyarakat berdaya dan mencapai taraf ekonomi yang baik sehingga dapat memenuhi kebutuhan perekonomiannya.

References

Achmad Lamo Said. 2018. Corporate Social Responsibility Dalam Perspektif Governance. Yogyakarta: Deepublish.

Adi, Isbandi Rukminto. (2013). Intervensi Komunitas & Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daman. 2012. Monitoring dan Supervisi Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Semarang.

Febriana, I. G., & Suaryana, A. (2011). Faktor - faktor yang mempengaruhi kebijakan pengungkapan tanggung jawab sosial dan lingkungan pada perusahaan manufaktur di bursa efek Indonesia. Aceh: SNA XIV Aceh.

Published
2023-06-10
Section
Articles