Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Era New Normal Pada Mata Pelajaran Informatika

  • Merrisa Monoarfa Universitas Negeri Makassar
  • Marlina Marlina Universitas Negeri Makassar
  • Farida Febriati Universitas Negeri Makassar
Keywords: Pelaksanaan, tatap muka, new normal

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tatap muka era new normal pada mata pelajaran informatika di SMPN 27 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif untuk mengungkapkan fenomena sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dialami oleh subyek penelitian. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan apersepsi pembelajaran tatap muka dan aktivitas pemantik yang dilakukan berbagai macam oleh pendidik dan juga dilakukan oleh peserta didik di SMPN 27 Makassar, pelaksanaan kegiatan inti ini dilakukan dengan baik oleh pendidik demi pemahaman siswa ke pembelajaran, pelaksanaan kegiatan penutup pembelajaran dilakukan dengan memberikan peserta didik kesempatan untuk membuat rangkuman sesuai dengan cara mereka sendiri. Adapun faktor pendukung yang dapat menunjang pembelajaran mata pelajaran informatika di dalam kelas adalah perangkat keras dan jaringan internet yang baik. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran tatap muka era new normal pada mata pelajaran informatika di SMPN 27 Makassar ada pada alat yang dapat digunakan terbatas.

References

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ardilla, R. M., Nurhasanah, N., & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Pembelajarannya di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi pendidikan, 0(0), 79-85.

Halqi, M., & Muliadi, A. (2021). Character Education through Exemplary of TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid: Prostective Theacher’s Perception. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 161.

Lase, F., Nirwana, H., Neviyarni, N., & Marjohan, M. (2020). The Differences of Honest Characters of Student Before and After Learning with A Model of Learning of Intelligent Character. Journal of Education and Learning Studies, 3 (1).

Nurhikmah, H., Aris, M., Arismunandar, A., Sujarwo, S., & Sukmawati, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Muatan Lokal Sejarah Wajo. Jurnal Peran Guru Sosiologi dalam Implementasi Pendidikan Karakter, 1(1).

Patauntung, et al., 2021. Buletin Ade’ Pangampe. Sengkang: Yayasan Budaya Wajo.

Rahyono, F.X. 2009. Kearifan Budaya dalam Kata. Jakarta: Penerbit Kompas.

Sari, D. P. 2020. Kreativitas Pendidikan Karakter di Keluarga pada Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, (Online), Vol.1 http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/16 (diakses 7 Agustus 2022).

Tulus Tu’u. (2018). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Published
2023-11-21
Section
Articles