Pengaruh Kampus Mengajar Terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa FKIP Universitas Sulawesi Barat
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh program Kampus Mengajar sebagai upaya untuk meningkatkan self-confidence mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Barat yang dilakukan di wilayah perkampungan dan sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat. Kampus mengajar ini tentunya dapat membantu mahasiswa mengasah keterampilan kepemimpinan dan empati sosial: berfikir kritis, pemecahan masalah, manajemen kelompok, jiwa kepemimpinan, inovasi dan kreativitas, komunikasi serta mendapatkan peningkatan kualitas lulusan dalam hal keterampilan (soft skills) dan karakter. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan terhadap 5 (lima) orang mahasiswa yang telah mengikuti program kampus mengajar angkatan 5 tahun 2023. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara kepada mahasiswa dengan menggunakan Self-Confidence scale yang disusun berdasarkan aspek-aspek peningkatan kepercayaan diri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program kampus mengajar yang berline-up literasi dan numerasi yang mengharuskan mahasiswa menguasai keterampilan mengajar agar pembelajaran di jenjang SD yang sudah diprogramkan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Kemudian dari pengalaman ini Self-Confidence yang telah dimiliki lebih meningkat dan menambah wawasan serta pengetahuan baru sehingga mahasiswa yang telah mengikuti program kampus mengajar siap untuk menjalani profesi guru yang professional.
References
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol.03 No.02, Desember 2018, https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr. 15-17.
Atho’illah, M. F, et all. (2023). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Siswa Putra Kelas VII SMP Al Musyaffa Kendal. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika Vol.1No.5 September 2023, e-ISSN:2988-0440, p-ISSN:2988-0491, Hal284-298. DOI:https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.370.
Delita, F, et all. (2016). PENINGKATAN SOFT SKILLS DAN HARD SKILLS MAHASISWA MELALUI ROJECT-BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI. Jurnal Geografi ISSN 2085 - 8167, Vol 8 No. 2 - 2016.
Ghufron, M.N. & Risnawati, R. (2010). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Isnaini, N,S,N dan Lestari, R. (2015). KECEMASAN PADA PENGANGGURAN TERDIDIK LULUSAN UNIVERSITAS. Jurnal Indigenous Vol. 13, No. 1, Mei 2015: 39-50, ISSN: 0854-2880.
Kemendikbud. (2023). Buku Panduan Kampus Mengajar angkatan 6 tahun 2023.Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Lauster, Peter. (2008). Tes Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.
Miles, M.B. dan A.M. Huberman. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber: Tentang Metode Baru. Jakarta: UI Press.
Mustafa, Sriyanti, et all. (2021). Gesture, Berpikir Spontan ataukah Manipulatif? (Memahami Bahasa Tubuh dalam Pembelajaran Matematika). Penerbit Pusaka Almaida, Pare-pare.
Nurlina, et all. (2021). Kecakapan Komunikasi dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa SDN Citaman 02. Proceedings UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG,. Vol: I No: 61 (Desember 2021). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedins.
Oktariani, M, et all. (2017). Analisis Tingkat Kepercayaan Diri Peserta Didik Program Lintas Minat pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sma Negeri 14 Palembang. Jurnal Profit Volume 4, Nomor 2, November 2017.
Purworahayu, D dan Rusmawati, D. (2018). HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMATANGAN KARIR PADA SISWA SMA NEGERI 1 KEMANGKON DI KABUPATEN PURBALINGGA. Jurnal Empati, April 2018, Volume 7 (Nomor 2), halaman 321-327.
Raco, Jozef. (2018). “Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya.” OSF Preprints. July 18. doi:10.31219/osf.io/mfzuj.
Sa’ada, Ulfatus, et all. (2020). Pengaruh Hard Skill Dan Soft Skill Terhadap Kecenderungan Pemilihan Bidang Kerja Melalui Kepercayaan Diri Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang.e –Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN Fakultas Ekonomi Unisma website: www.fe.unisma.ac.id (email: e.jrm.feunisma@gmail.com).
Utami, A.F, et all. (021). PENGARUH HARD SKILL DAN SOFT SKILL TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS RIAU (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Riau), JOM FEB, Volume 8 Edisi 1 (Januari – Juni 2021).
Wijono, S. (2010). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Fajar Interpratama Offset Sarastika, P. (2014). Minder & Grogi. Yogyakarta: Araska.
Copyright (c) 2022 Muflihah Baktiar, Zuhra Meiliza, Muhammad Zia Ulhaq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







