Analisis Kedisiplinan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Abstract
Kedisiplinan belajar merujuk pada sejauh mana mahasiswa mematuhi aturan dan tata tertib lembaga demi mencapai kondisi yang lebih baik. Problematika kurangnya pemahaman akan pentingnya disiplin di kalangan mahasiswa menyebabkan banyak konsekuensi negatif, salah satunya adalah seringnya keterlambatan mahasiswa saat menghadiri proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketidak disiplinan mahasiswa Pendidikan guru sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ketidakdisiplinan yang dilakukan oleh kelima mahasiswa berbeda-beda satu sama lainnya. Mahasiswa AF dan WN tidak disiplin dalam berpakaian. Mahasiswa SV tidak disiplin terkait rambut yang panjang serta pada mahasiswa ST dan SR yang sering mengalami keterlambatan dalam mengikuti perkuliahan.
References
Arsaf, N. A. (2015). Faktor Penyebab Pelanggaran Tata Tertib (Studi pada Siswa di SMA Negeri 18 Makassar). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi, 1–5
Barr, F. D., & Harta, I. (2016). Analisis Manajemen Waktu Organisasi dan Kuliah Aktivis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 280-285).
Buhani, B. (2017). Implementasi Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII SMP PGRI Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Edukasi. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i2.5969
Khumaero, L. Al, & Arief, S. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Disiplin Belajar, dan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 698–710.
Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Prasojo, R. J. (2014). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1).
Puspita, S. (2018). Pengaruh Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. LEMMA, 4(1), 75-80.
Retong, M. L. (2019). Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok: Studi di Kelas XI SMA Negeri 1 Maumere. Gema Wiralodra. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v10i2.89
Sandra, K.I & Djalali, M.A (2013) Manajemen Waktu, Efikasi-Diri Dan Prokrastinasi. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3).
Sunarsi, D. (2017). Pengaruh Disiplin, Motivasi, Dan Kompetensi Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, Vol. 1, No. 2
Septiani, D. (2017). Pengaruh Pemberian Beasiswa Bidik Misi Terhadap Motivasi Berprestasi Dan Disiplin Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidik Misi Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini Vol. 8 No.02
Wahyuningsih, N. E. (2020). Analisis perbedaan gender dalam tingkat kedisiplinan belajar mahasiswa di masa pandemi covid 19. Musawa: Journal for Gender Studies, 12(2), 311-337.
Yasin, F. (2011). Penumbuhan kedisiplinan sebagai pembentukan karakter peserta didik di madrasah. el-hikmah, (1).
Copyright (c) 2022 Uhwah Hasanah Uhwah, Irmawati M, St. Harpiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







