Metode Kepemimpinan Milenial dalam Aspek Politik

  • Alma Aghisna Universitas Gadjah Mada
  • Franzeska Sandrina Regita Cahyani Universitas Gadjah Mada
  • Hafizhah Saraya Putri Universitas Gadjah Mada
  • Muhammed Faiz Nabhan Universitas Gadjah Mada
  • Sarah Kusuma Putri Universitas Gadjah Mada
Keywords: Generasi milenial, politik, kepemimpinan, kepemimpinan milenial

Abstract

Generasi milenial adalah generasi yang hidup di zaman yang sedang mengalami perubahan menuju kehidupan modern. Pada era saat ini, generasi milenial menjadi generasi yang paling berperan dalam berbagai aspek kehidupan, khususnya dalam aspek politik. Maka dari itu, dibutuhkan suatu model kepemimpinan yang cocok seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji mengenai model kepemimpinan milenial di masyarakat yang melihat pada aspek politik di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yaitu studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan milenial dalam ranah politik menggunakan metode, gaya, dan media yang disesuaikan dengan target pasar politik di suatu lingkup masyarakat maupun negara. Hal ini berkaitan dengan bagaimana cara seorang pemimpin dalam menerapkan strategi-strategi untuk dapat mempengaruhi publik. Berbagai cara dan pendekatan yang dilakukan harus disesuaikan dengan kondisi publik. Hal tersebut juga tidak terlepas dari dari gaya serta media yang digunakan oleh pemimpin milenial serta dampaknya pada aspek politik.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Ambarwati, A., Raharjo, S. T. (2018). Prinsip Kepemimpinan character of a leader Pada era Generasi Milenial. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 2(2), 114–127. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v2i2.1151

Basit, A., & Sebastian, V. (2017). Impact of Leadership Style on Employee Performance (a Case Study on a Private Organization in Malaysia). 5(2), 112–130.

Candranegara, I. M., Mahardhika, I. P., Mirta, I. W. (2018). Partisipasi Generasi milenial Dalam Kancah politik nasional 2019. Jurnal Bali Membangun Bali, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.51172/jbmb.v2i1.36

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain metode Penelitian Kualitatif. HUMANIKA, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Harrison, A. E. (2017). Exploring Millennial Leadership Development: An Evidence Assessment of Information Communication Technology and Reverse Mentoring Competencies. Case Studies in Business and Management, 4(1), 25.

Igbaekemen, G. O. (2014). Impact of Leadership Style on Organization Performance : A Strategic Literature Review. Public Policy and Administration Research, 4(9), 126–136.

Juditha, C., Darmawan, J. J. (2018). Use of digital media and Political Participation Millennial Generation. JURNAL PENELITIAN KOMUNIKASI DAN OPINI PUBLIK, 22(2). https://doi.org/10.33299/jpkop.22.2.1628

Khoerrunnisa, D. A., Sjoraida, D. F., & Priyatna, C. C. (2019). Personal Branding Politisi Generasi Millennials Studi Deskriptif Personal Branding Faldo Maldini Sebagai Politisi Generasi Millennials. Jurnal Riset Komunikasi, 10(2). https://doi.org/10.31506/jrk.v10i2.7260

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. Jurnal MathEdu, 13–18.

Leuwol, N. V., Gaspersz, S., Tupamahu, M. S., Wonmaly, W. (2023). Karakteristik Kepemimpinan ideal di era Generasi Milenial. Journal on Education, 5(2), 4292–4302. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1144

Madanchian, M., Hussein, N., Noordin, F., & Taherdoost, H. (2016). Impact of Leadership on Organizational Performance. Economics and Education, III(1), 115–119.

Mulyani, R. (2021). Political branding Tsamara Amany alatas Selama Masa Kampanye pemilu legislatif 2019 DI Media sosial. LUGAS Jurnal Komunikasi, 5(1), 21–30. https://doi.org/10.31334/lugas.v5i1.1554

Peramesti, N. P., Kusmana, D. (2018). Kepemimpinan Ideal Pada era generasi milenial. TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 73–84. https://doi.org/10.33701/jt.v10i1.413

Rahayu, S. K. (2021). Penguatan Kesadaran Bela Negara Pada remaja milenial menuju Indonesia emas. PEDAGOGIKA, 12(2), 134–151. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i2.711

Sharma, D. L. J. K., & Singh, D. S. K. (2013). A Study on the Democratic Style of Leadership. International Journal of Management & Information Technology, 3(2), 54–57.

Sinek, S. (2017). Find your why. Portfolio/Penguin, an imprint of Penguin Random House, LLC.

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Published
2023-12-18
Section
Articles