Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru

  • Tengku Darmansah Universitas Islam Negri Sumatra Utara
  • Adinda Julia Putri Universitas Islam Negri Sumatra Utara
  • Anisah Aruan Universitas Islam Negri Sumatra Utara
  • Azra Humaira Universitas Islam Negri Sumatra Utara
  • Fatin Syahirah Universitas Islam Negri Sumatra Utara
  • Muhammad Syah Mahathir Universitas Islam Negri Sumatra Utara
Keywords: Kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, pengembangan pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs YP. Ummul Quraa, Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Medan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki peran krusial dalam pengembangan profesionalisme guru, melalui implementasi program pelatihan, dukungan mentor, dan fasilitasi kolaborasi antar-guru. Temuan ini memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan di sekolah tersebut, serta dapat menjadi referensi bagi lembaga pendidikan lain dalam mengoptimalkan pengembangan profesionalisme guru. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi Kepala Sekolah dan pengambil kebijakan pendidikan untuk merancang strategi yang lebih efektif dalam mengelola dan memotivasi staf pengajar. Implikasi dari temuan ini dapat mencakup perbaikan kebijakan sekolah, pengembangan program pelatihan yang lebih terfokus, serta penguatan kerja sama antar-guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs YP. Ummul Quraa dan institusi pendidikan serupa.

References

Agusniar, E. (2015). Kemampuan Profesional Guru Bidang Studi PAI Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 1 Simpang Peut Kec. Kuala Kab. Nagan Raya. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. 16 (1) pp. 129–140.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Harapan, E. (2017). Visi Kepala Sekolah Sebagai Penggerak Mutu Pendidikan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 133–145.

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373–390.

Made Pidarta. (1990). Cara Belajar Di Universiti Negara Maju: Suatu Studi Kasus, Jakarta: Bumi Aksara.

Mohamad, H. (2017). Kajian Kompetensi Lulusan Melalui Kompetensi Guru dan Kinerja Guru Sebagai Dampak Dari Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, dan Komunikasi (Survey Pada SMA di Kota Palu dan Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah). UNPAS.

Mulyasa. (2015). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mukhtar, M. (2015). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SMP Negeri di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 3(3), 93917

Nazir, Moh. (2009). Metodologi Penelitian. (Jakarta: Ghalia Indonesia). Hlm 54.

Priyambodo, P. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru. Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. 2 (1), 34-58.

Salim dan Syahrum. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif . (Bandung: Citapustaka Media). Hlm. 41.

Saputra, W. N. A., Jairi, & Rohaetin, S. (2019). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMA Negeri 1 Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 11(2), 270-277.

Satori. Djam’an. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sudrajad, A. (2008). Konsep Penilaian Kinerja Guru. (http://akhmadsudrajat.Wordpresd.com/2008/11/21/konsep penilaian kinerja guru/, Diakses tanggal 24 Juni 2021).

Wibowo, A., & Santosa, A. B. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 13(1), 14-20.

Published
2024-02-26
Section
Articles