Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Motivasi Kewirausahaan Terhadap Minat Menjadi Pengusaha Muda (Young Enterpreneur)

  • Winny Alna Marlina Universitas Andalas
  • Suryatman Desri Universitas Andalas
  • Dhea Amanda Putri Universitas Andalas
  • Novia Anita Universitas Andalas
  • Rahmi Yulia Universitas Andalas
  • Widya Lovita Vebriana Universitas Andalas
Keywords: Pembelajaran kewirausahaan, motivasi kewirausahaan, pengusaha muda

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menguji pengaruh pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan motivasi kewirausahaan terhdap minat menjdi pengusaha muda (young entrepreneur) pada mahasiswa prodi ekonomi pembangunan di Universitas Andalas. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan penyebaran kuesioner serta menggunakan STATA. Hasil penelitian adalah motivasi kewirausahaan berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi entrepreneur, sedangkan pembelajaran kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi entrepreneur pada mahasiswa prodi ekonomi pembangunan di Universitas Andalas Payakumbuh.

References

Bhegawati, DAS, Ribek, PK, & Verawati, Y. (2022). Pembangunan ekonomi indonesia melalui peran kewirausahaan. JISOS: ILMU SOSIAL, 1 (1), 21-26. Diambil dari https://bajangjournal.com/index.php/JISOS/article/view/1423

Fajri, Ahmad.(2021). Peran Kewirausahaan dalam Pembangunan Ekonomi. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(2), 104-112. Diambil dari https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/iqtishodiyah/article/view/619

Jhingan, M. L.(2016). Ekonomi Perencanaan dan Pembangunan. Jakarta: Rajawali

Untoro, Joko.(2010). Ekonomi. Jakarta: Kawah Media

Syahputra, R. (2017). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Samudra Ekonomika, 1 (2), 183-191. Diambil dari https://ejurnalunsam.id/index.php/jse/article/view/334

https://indonesia.go.id/kategori/perdagangan/4994/wirausahawan-mapan-ekonomi-nasional-kuat?lang=1 Diakses pada 21 Desember 2023

https://peraturan.bpk.go.id/Details/196126/perpres-no-2-tahun-2022 Diakses pada 21 Desember 2023

Published
2024-02-26
Section
Articles