Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model Auditory Intellectually Repetition
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan model auditory Intellectually Repetition (AIR) pada siswa kelas X di SMAN 6 Jeneponto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang mempunyai empat tahapan antara lain: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.2 SMAN 6 Jeneponto yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi tindakan pra siklus, siklus I, siklus II. Data penelitian ini adalah proses aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Deskriptif kuantitatif merupakan analisis hasil tes siswa sedangkan deskriptif kualitatif merupakan analisis hasil aktivitas siswa. Hasil penelitian keterampilan berbicara dari siklus I ke siklus II meningkat, pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 11 siswa dengan persentase 34%, siswa yang belum mencapai ketuntasan berjumlah 21 siswa dengan persentase 66 %, sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan ada 26 siswa dengan persentase 81% dan yang belum mencapai ketuntasan ada 6 siswa dengan persentase 19%. Disimpulkan bahwa keterampilan berbicara dengan model auditory intelektual repetition (AIR) pada siswa kelas X SMAN 6 Jeneponto dinyatakan berhasil.
References
Agus Darmuki, dkk. 2019. ”peningkatan keterampilan berbicara menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw pada Mahasiswa PBSI tingkat I-B IKIP PGRI Bojonegoro tahun akademik 2018/2019”. Vol 2 No. 2. Bojonegoro:IKIP PGRI.
Ayu Saradina Laporsa dan Rossi Iskandar (2021) “Analisis keterampilan berbicara siswa melalui pantun di sekolah dasar” Universitas Trilogi Indonesia.
Anis Rosidatul Husna. 2020 “analisis keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 1 Sripendowo Ketapang Lampung Selatan dalam pembelajaran tematik” jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi.
Daryanto. 2018. Penelitian tindakan kelas dan penelitian tindakan sekolah. Yogyakarta: penerbit Gava Media.
Devina Elni Zahra. 2022. “Analisis kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia (Studi kasus pada siswa kelas V SDN 6 Jatimulyo). Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri (UIN). Skripsi.
Harianto, E. 2020. Metode bertukar gagasan dalam pembelajaran keterampilan berbicara, DIDAKTIKA, Vol. 9 No.4.
Ilham, dkk. 2020. Keterampilan berbicara pengantar keterampilan berbahasa. Pasuruan : Lemabaga Academic dan Research Institute.
Ina Magdalena & dkk. 2021. Analisis pentingnya keterampilan berbahasa pada siswa kelas IV di SDN Gondrong 2. Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Juni Marlina Sinaga. 2021. “Peningkatan keterampilan berbicara menyampaikan informasi berdasarkan teks nonfiksi melalui metode kooperatif jigsaw”. Jurnal Education. “Vol. 7 No. 3.
Lalita Melasarianti. 2018. “Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode debat plus pada mata kuliah berbicara. Universitas Jenderal Soedirman.
Lufti & dkk. 2020. Metodologi pembelajaran strategi, pendekatan, model, metode pembelajaran. Puwokerto: Malang: CV IRDH.
Luluk Sri Agus Prasetyoningsih, dkk. 2021. Keterampilan berbicara tinjauan deskriptif dan penerapanya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jawa Timur. Penerbit Literasi Nusantara.
Michael Vandi Payuhi. 2018. Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas V SDN No. 20 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo.
Mumpun Eko W. 2019. Peningkatan kemampuan berbicara melalui metode diskusi kelompok pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 281 Jakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 Semester ganjil. SMP Negeri 281 Jakarta. Jurnal Mitra Guru Vol. V, No.1
Puspitasari, A., Kurmiati, N., & Rahmat, R. (2021) “Pelatihan keterampilan berbicara menggunakan media audio visual pada siswa SDN 16 Batu Menteng Desa Marayoka Jeneponto. Madania, 2 (4), 479-483 Universitas Muslim Indonesia.
Rabiah, Sitti, 2020. Bahasa Indonesia. PT De La Macca Makassar.
Rendy Amora J, Elsa Efrina. 2017. Meningkatkan keterampilan berbahasa dalam mengelolah kata bagi siswa tunarungu melalui metode structural analitik sintetik. Jurnal Ilmia Pendidikan Khusus, 5 (1) .
Sinta Diana Martaulina, 2018. Bahasa Indonesia terapan. Penerbit Deepublish (Grup Penerbit CV Budi Utama).
Suarsih, C. 2018. Upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa denga menerapkan metode Show and tell pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, Vol 1. No .
Umar Mansyur (2017) “Learning community dalam pembelajaran keterampilan 77 berbicara bahasa Inggris siswa kelas XII.
SMA LPP UMI Makasaar” Universitas Muslim Indonesia.
Umiaty & Mansyur, (2017:14) “Teknik total Physical respons untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak tunarungu” Universitas Muslim Indonesia.
Copyright (c) 2024 Suci Amalia Ramadani Nisda, Andi Puspitasari, Nurmia Muin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







