Peningkatan Kemampuan Membaca Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca yang di perlukan siswa sebuah metode pembelajaran yang menarik bagi siswa agar lebih bersemangat dan termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca tersebut adalah dengan menggunakan metode CIRC. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode CIRC. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peningkatan kemampuan membaca pada siswa kelas XI IKM C rata-rata skor nilai peningkatan kemampuan membaca meningkat pada prasiklus 72,46 menjadi 79,75 setelah diadakan tindakan siklus 1. Pada akhir tindakan siklus 2, rata-rata yang diperoleh siswa mencapai 84,82. Adapun KKM yang ditentukan sebesar 75, pada kegiatan prasiklus siswa yang mencapai KKM 11 orang siswa atau 39,3%, selanjutnya pada siklus 1 siswa yang mencapai KKM sebanyak 21 orang siswa atau sebesar 75%. Pada siklus 2 siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 orang siswa atau sebesar 85%. Hal ini menunjukkan metode CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.
References
Erlina, E. (2016). Inovasi Pembelajaran Melalui Penelitian dan Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Vol. 8. No.1.
Muchlisin Riadi. (2017). Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition).
Nihayah, S. Z. (2019). Pengaruh Penggunaan Model CIRC Berbantu Media Cetak Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Peserta Didik Kelas IV MI Darul Falah Desa Sirahan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati.
Niliawati, L., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2018). Penerapan metode CIRC (cooperative integrated reading and composition) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 3. No. 1.
Nurlaila, N., & Ardyansyah, A. (2021). Analisis Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Menurut Teori Slavin Dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca, Menulis, Serta Memahami Qawaid Dalam Teks Bahasa Arab. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 374-395.
Pradnya, I. M. P. S., Sudiana, I. N., & Darmayanti, I. A. M. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis dalam Jaringan di Kelas XI SMA Negeri 1 Rendang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. Vol. 11. No. 2. 208-215.
Putri, R. T. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Di Sekolah Dasar (Analisis Deskritif Kualitatif Penelitian Studi Literatur) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Copyright (c) 2024 Nisdayanti Nisbayanti, Umar Mansyur, Nurfathana Mazhud

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







