Pola Kerjasama Orangtua Dan Tutor Di Kelompok Bermain An-Nur Binaan UPTD SPNF SKB Ujung Pandang

  • Fatmawati Gaffar Universitas Negeri Makassar
  • Kartini Marzuki Universitas Negeri Makassar
  • Rudi Amir Universitas Negeri Makassar
  • Nasrah Natsir Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Asri Universitas Negeri Makassar
  • Untung Untung Universitas Negeri Makassar
Keywords: Kerja sama, orangtua, tutor

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pola kerja sama orangtua dan tutor di Kelompok Bermain An-Nur Binaan UPTD SPNF SKB Ujung Pandang Kota Makassar. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua anak didik memiliki pengetahuan dan keterampilan mengenai pembimbingan kepada anaknya dan bekerjasama dengan tutor pada kelompok bermain, sehingga orangtua anak didik mampu melakukan pembimbingan pada anaknya dengan baik yang dilakukan di rumah.

References

Aidil Saputra. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam. Volume 10 Nomor 2.

Andi Aslindah dan Normita Sari. 2021. Kolaborasi Orangtua dan Guru PAUD Dalam Melaksanakan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education). Vol 4 Nomor 2 Juli.

Alifah Roscahyaning Putri dan Rivo Nugroho. 2018. Program Relawan dalam Upaya Menumbuhkan Partisipasi Orang Tua di KB dan TK Dharma Wanita II. Vol 1 Nomor 1. Surabaya: UNESA.

Anis Pusitaningtyas. 2016. Pengaruh Komunikasi Orangtua dan Guru Terhadap Kreativitas Siswa. Prosiding of ICECRS. ISSN 2548-6160.

Haqul Siddiqi. 2021. Strategi Orangtua Membimbing Anak Belajar dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol 6 Nomor 4 Desember.

Hornby, A.S. 2011. Oxford Advanced Learner’s Dictionary. London: Oxford University Press

Imam Muthie dan Sugito. 2023. Pola Pendampingan Orangtua Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Selama Covid-19. Jurnal Obsesi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 7 Nomor 1.

Kemendiknas. 2011. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain. Jakarta: Kemendiknas.

Mutiara Suci Erlanti, dkk. 2016. Teknik Parenting dan Pengasuhan Anak Studi Deskriptif Penerapan Teknik Parenting di Rumah Parenting Yayasan Cahaya Insan Pratama Bandung. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 3 Nomor 2. ISSN: 2442-4480.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional PAUD.

Putri Eprilita Argata dan Suhanadji. 2021. Keterlibatan Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Persatuan Prambangan. J+PLUS UNESA. Vol 1 Nomor 1.

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Tekhnik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise.

Sudaryanti. 2012. Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Vol 1 Edisi 1.

Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Praktik Pembelajaran.

Trisnamansyah Sutaryat. 2005. Pendidikan Nonformal Wawasan Sejarah Perkembangan Filsafat dan Teori Pendukung serta Asas. Bandung: Palah production

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

V. Wiratna Sujarweni. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Published
2024-06-04
Section
Articles