Kinerja Tutor Kesetaraan Paket C Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di PKBM Hasanuddin Institute
Abstract
Kinerja tutor dalam tulisan ini adalah kemampuan tutor dalam perencanaan, pelaksankan dam mengevaluasi proses pembelajaran. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja tutor Program Kesetaraan Paket C dalam mengelola kegiatan pembelajaran di PKBM Hasanuddin Institute. Tulisan ini dilaksanakan di PKBM Hasanuddin Institute Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penulis mengadakan pengamatan penyelenggaraan Program Kesetaraan Paket C dan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasilnya menunjukkan bahwa tutor telah menjalankan proses pembelajaran sesuai dengan indikator yang digunakan untuk mengukur kinerja tutor. Tutor telah mempersiapkan diri sebelum proses pembelajaran, kompeten dalam memberikan materi dan menggunakan media pembelajaran dengan baik, sehingga dapat dismpulkan bahwa tutor telah mampu mengelola kegiatan pembelajaran dalam Program Kesetaraan Paket C di PKBM Hasanuddin Institute, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.
References
Adrianto, L. A. (2010). Kinerja Tutor Dalam Proses Pembelajaran Paket C. JIV-Jurnal Ilmiah Visi. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/7583
Agung, I. (2007). Hambatan Birokratis Dalam Penyelenggaraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm). In Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 13, Issue 68, pp. 908–922). https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i68.425
Azni, F., Mukhaiyar, M., & Rusdinal, R. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Pengelola, Iklim Komunikasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Tutor Pada Pkbm Karang Putih Kelurahan Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 5(1), 28. https://doi.org/10.24036/ld.v5i1.9972
Bau, I., & Djibu, R. (2021). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Tutor Di PKBM Patriotik. Jambura Journal of Community Empowerment, 2(2), 38–48. https://doi.org/10.37411/jjce.v2i2.515
Bolangitan, A. H., & Pasaribu, S. C. (2023). Gaya Kepemimpinan Ketua Pengelola dalam Meningkatkan Kinerja Tutor di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Charity Tomohon. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(2), 1331-1338. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/1926
Haruna, C. N. (2018). Efektivitas Program Pendidikan Kesetaraan Paket B dan C Oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cendekia di Kabupaten Pangandaran. Moderat, 4(3), 53–63. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/moderat/article/view/1693
Herman, H. (2010). Penilaian Peserta Terhadap Kinerja Tutor, Dan Hasil Tutorial Dan Biaya Tutorial Pada Tutorial Tatap Muka Di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 11(2), 84–98. https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/458/444
Kunandar. (2023). Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta Rajawali Pres
Kusmaladewi, & Zaidin, M. A. (2022). Profesional, Pedagogik, Keterampilan, dan Kinerja Tutor. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 84–89. https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1604
Sardiyanto, A. F. (2017). Hubungan Antara Kinerja Tutor dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Budi Utama Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. 8, 1–6.
Sari, M. (2016). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) TAMANAN Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(1), 6–13. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/ekonomi/article/viewFile/3888/3531
Sulandari, S. (2015). Analisis Kinerja Tutor Pada Lembaga Pendidikan Non Formal Home Schooling di Kota Semarang (Studi Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Anugrah Bangsa GEMA PUBLICA: Jurnal Manajemen Dan. 1(1), 87-103. https://doi.org/10.14710/gp.1.1.2015.87-103.
Sutisna, A. (2009). Pengembangan Model Pelatihan Berbasis Kinerja untuk Peningkatan Kompetensi Tutor Paket C. JIV-Jurnal Ilmiah Visi. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/7574
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003
Yamin, Martinis dan Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada Pres.
Copyright (c) 2024 Muhammad Asri, Untung Untung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
							
							



 


