Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Peserta Didik

  • Dewi Wahyuningsih Universitas PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto Universitas PGRI Semarang
  • Asri Paramita Puspitasari Universitas PGRI Semarang
Keywords: Problem Based Learning, hasil belajar, pendidikan Pancasila

Abstract

Pancasila pancasila merupakan mata pelajaran yang diajarkan disetiap jenjang pendidikan. Mulai dari SD, SMP, SMA maupun jenjang kuliah. Karena pada dasarnya pendidikan pancasila memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan kehidupan sosial. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN Pedurunngan Tengah 01 dengan jumlah peserta didik 26 orang menggunakan uji t dan uji n- gain. Berdasarkan hasil pembahasan dan penarikan kesimpulan melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Selain itu, dapat dilihat dari hasil uji t (paired sample test) dan uji n-gain pada pretest dan posttest yang diberikan pada peserta didik. Pada uji t diketahui nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000 sehingga menunjukkan adanya pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada pretest dan posttest. Sedangkan pada uji n-gain diketahui bahwa nilai mean sebanyak 0.5974 dimana kriteria masuk kedalam kategori sedang.

References

Adam, S. (2006). An introduction to learning outcomes, A consideration of the nature, function and position of learning outcomes in the creation of the European Higher Education Area. EUA Bologna Handbook, 1–24.

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 589–590.

Budiarti, Handhika and Kartikawati (2017) ‘Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-Book Pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Siswa’, Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2(2).

Duli, Nikolaus. 2019. Metode Penelitian. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama).

Elihami and Syahid, A. (2018) ‘Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami’, Jurnal Pendidik, 2(1), pp. 79–96

Fauzy. (2022). Metodologi Penelitian. Jakarta: CV Pena Persada Kariadinata. (2015). Buku Dasar-Dasar Statistik Pendidikan. Bandung:CV Pusaka Setia.

Fathurrahman, M. (2015). model-model pembelajaran inovatif. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.

Haniah, N. (2013), Uji Normalitas Dengan Metode Liliefors, Statistika Pendidikan, 1, 1-17

Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe assure dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(6), 1139–1148. file:///D:/BACKUP DATA C/Downloads/214-Article Text-587-1-10-20201024.pdf

Kusumaningrum, D. A., & Siswanto, J. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Sdn Wonotingal Semarang. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(04), 18672–18681.

Madjid, R. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Si Juara Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Tunanetra Di Mtslb/a Yaketunis Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 8(4), 305–314.

Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). D’CARTESIAN, 7(1), 44. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113

Nadhif, M. F. J. L. P. F. P. H. S. K., & Putri, M. N. G. A. (2023). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 1983–1988.

Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3869–3888. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4342/2836

Pendidikan, P., Kompensasi, D. A. N., Kinerja, T., Agustin, P., & Permatasari, I. (2020). PENGARUH PENDIDIKAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA DIVISI NEW PRODUCT DEVELOPMENT (NPD) PADA PT. MAYORA INDAH Tbk. Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(2), 174–184. https://doi.org/10.35968/m-pu.v10i2.442

Rohmah, A. N. (2017). Belajar Dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). CENDEKIA Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 09(02), 193–210.

Sahir. Metodologi Penelitian (Medan: KBM INDONESIA. 2021)

Setiawan, A. I. B. (2022). Pengembangan media film pendek “gerak bersama” untuk pencegahan pelecehan seksual pada siswa sma. Foundasia, 15(1), 1–9.

Suardi, S. (2019). PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PT BANK MANDIRI, Tbk KANTOR CABANG PONTIANAK. Business, Economics and Entrepreneurship, 1(2), 9–19. https://doi.org/10.46229/b.e.e..v1i2.124

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking.

Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117–6131. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177

Taqiyya, W., Finanda, M. F., Mulya, S. S., Azzahra, A., & ... (2024). Pentingnya Pendidikan Pancasila dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab 2023 Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan …, 8, 2088–2093.

Thaariq, Z. Z. A., & Karima, U. (2023). Menelisik Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Konteks Pembelajaran Abad 21 : Sebuah Renungan dan Inspirasi. Foundasia, 14(2), 20–36.

Widiasworo, E. (2018). Strategi pembelajaran edu tainment berbasis karakter (1st ed.). Yogyakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Med.

Published
2024-12-13
Section
Articles