Analisis Kemampuan Menulis Cerita Pendek Bertema Ekspresi Diri Melalui Hobi
Abstract
Kemampuan menulis adalah salah satu kemampuan berbahasa yang harus dikuasai oleh setiap siswa di sekolah dasar. Menulis adalah mengungkapkan ide atau gagasan yang dituangkan dengan tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen pada siswa yang dilakukan di SDN Bugangan 01 Semarang dengan subjek penelitian 26 siswa pada materi Cerpen Bahasa Indonesia yang bertema Ekspresi Diri Melalui Hobi tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan pada penelitian melakukan observasi dari penugasan karangan cerpen yang telah dibuat oleh siswa secara langsung. Hasil analisis kemampuan menulis cerita pendek bertema ekspresi diri melalui hobi dari aspek keaslian kepenulisan dan kesesuaian judul dengan isi dari 26 siswa, semuanya dapat membuat cerpen sesuai dengan aspek yang diamati oleh peneliti, keruntutan teks dalam membuat cerita pendek terdapat 22 siswa, kemudian pilihan kosa kata dan tata bahasa terdapat 16 siswa. Sehingga dari 26 siswa hanya 16 siswa yang dapat membuat cerita pendek mencakup lima aspek tersebut.
References
Fajriyah, E. N. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Membuat Cerpen Di Sma Negeri …. Metafora: Jurnal Pembelajaran …, V(2), 85. http://www.jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/5075
Farida Septiana Anwar, Muhammad Tahir, S. M. (2022). Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas V Sdn 7 Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i2.381
Fithriyana, E. (2019). Menumbuhkan Sikap Empati Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Sekolah Berasrama. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 42–54. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.210
Fujiatun, F., Intiana, S. R. H., & Syahbuddin, S. (2022). Analisis Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 17 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1997–2006. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.877
Gati Sri Handayani, Greace Naomi Br Ginting, Nadhira Tita An Ni’mah, Siti Sugiarti Mawaddah, Viona Fatrisia Barimbing, Yangel Ruth Anastasia Simatupang, F. L. (2024). Indonesia Dalam Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas Iv Sdn 106162. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran n, 7(P-2655-710X e-ISSN 2655-6022), 7889–7893.
Maela, E., Purnamasari, V., Purnamasari, I., & Khuluqul, S. (2023). Metode Pembiasaan Baik Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 931–937. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4820
Maulina, H., Hariana Intiana, S. R., & Safruddin, S. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 482–486. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.276
Muhammad, A., Ambarsyah, B., Adam, A., Razak, N. K., & Id, A. A. (2023). Analisis Tingkat Kemampuan Siswa Dalam Menulis Cerita Pendek Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Sd Ulumul Islam Bakri Wahid, Kota Makassar. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 1(2), 58–64. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i2.320
Novita Nur Amalia, Ummu Khaltsum, M. U. (2023). Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 1(4), 1–14. https://ejournal.warunayama.org/index.php/argopuro/article/view/1107
Saraswati, R., & Wini Tarmini. (2022). Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 870–876. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2669
Sulastri, Dian Indihadi, E. K. (2022). Analisis Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dan Teks Cerpen Siswa Kelas V Pada Saat Pembelajaran Daring. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 9(1), 56–66.
Urbafani, S., & Puspitasari, A. D. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Karangan Cerita Pendek Pada Kelas 5 SDN Banyuajuh 3 Kamal. Journal of Education for All, 1(3), 205–212. https://doi.org/10.61692/edufa.v1i3.55.
Copyright (c) 2024 Miftakul Jannah, Veryliana Purnamasari, Suwarti Suwarti, Ferina Agustini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
							 
							



6.png) 
 



