Dampak Pelatihan Menjahit Terhadap Keterampilan Ibu-Ibu Rumah Tangga

Keywords: Dampak, pelatihan, kursus menjahit, terhadap keterampilan ibu-ibu rumah tangga

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Dampak Kursus menjahit bagi Ibu-ibu rumah tangga di Desa Paris Kabupaten Gorontalo.

Dampak mengacu pada manfaat jangka panjang terhadap masyarakat seperti peningkatan pengetahuan, efisiensi produksi, peningkatan lingkungan hidup, keuntungan finansial dan sebagainya. Untuk mendapatkan jawaban di atas, peneliti menggunakan metode Kualitatif teknik wawancara bersifat uraian dari hasil wawancara dan studi dokumentasi.

Penelitian ini menunjukkan bahwa Dampak pelatihan menjahit bagi ibu-ibu rumah tangga berdampak kepada sektor pendapatan peserta pelatihan, sehinga menambah penghasilan keluarga mereka masing-masing dan mereka bisah memasuki dunia kerja atau membuka usaha menjahit mereka sendiri sehingga mengurangi angka  penganguran di Desa Paris

Kata Kunci: Dampak Pelatihan Kursus Menjahit, Terhadap keterampilan Ibu-Ibu rumah tangga.

References

Abdulhak, I. (2000). Strategi Membangun Motivasi Pembelajaran Orang Dewasa. Bandung: Andira
Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.
Yogyakarta: Diva Press.
Badu, r. (2017). Reaktualisasi pendidikan luar sekolah. Nilai budaya komunitas bajo, 50-51.
Hatimah, Ihat & Sadri. 2014. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta : Universitas Terbuka
Hosio, J.E., 2007. Kebijakan Publik & Desentralisasi : Esai-esai dari Sorong.
Yogyakarta : Laksbang Yogyakarta
Hosio, JE. 2007. Kebijakan Publik dan Desentralisasi. Laksbang. Yogyakarta.
Indah Apriyani , 1201412002 (2017) Pemberdayaan Penyandang Cacat Melalui Pelatihan Menjahit Di Loka Bina Karya Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Jihad Asep & Abdul haris.2012.Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi
Presindo
Jones, Sue Jenkyn. Fashion Design. Laurence King Publishing. 2005
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi.
Refika Aditama. Bandung.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama
Kotler, Philip, dan Amstrong, 2001. Prinsip-Prinsip Manajemen, Jilid 1. Edisi Kedelapan Alih Bahasa Oleh Damos Sihombing, MBA., Jakarta: Erlangga
Latifa, Tami (2014) manfaat hasil belajar keterampilan menjahit tailor sebagai kesiapan magang di tailor. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Mathis R.L dan Jackson J.H, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Salemba Empat.
Rahmat, a. (2020). Belajar dari alam biluhu model pembeajaran sentra bahasa alam pada taman kanak-kanak mmelalui pendekatan saintifik berbasis kawasan teluk tomini. Kota gorontalo: ideas publishing.
Suratmo, F, Gunawan. 2004. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan.
Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Tika Sukmawati (2018) upaya lkp lucky dalam meningkatkan keterampilan melalui program kursus menjahit bagi kalangan perempuan di lkp lucky desa tanimulya kec. Ngamprah kab. Bandung barat, IKIP Siliwangi, Cimahi, West Java Indonesia,
Published
2020-12-28
Section
Articles