Penerapan Pembelajaran Multimedia untuk Motivasi Belajar Peserta Didik
Abstract
Pada penelitian ini bertujuan menyelidiki penerapan pembelajaran multimedia dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SDN Kemakmuran 2, kelas 3A. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan strategi kolaboratif. Subjek penelitian terdiri dari 31 peserta didik, dengan 20 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan multimedia mampu membangkitkan rasa ingin tahu dan minat belajar siswa. Pada siklus 1, tingkat motivasi belajar peserta didik tercatat sebesar 33,33%, dengan hanya 11 peserta didik yang menunjukkan motivasi baik. Setelah penerapan yang lebih efektif pada siklus 2, motivasi meningkat menjadi 80,6%. Selain itu, hasil belajar peserta didik menunjukkan perbaikan signifikan; nilai ketuntasan klasikal meningkat dari 35% pada siklus 1 menjadi 81% pada siklus 2. Penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik, serta memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif. Dengan demikian, penerapan multimedia dalam pendidikan perlu diperkuat untuk mencapai keberhasilan yang lebih optimal dalam proses belajar mengajar.
References
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Febrianti, I., Tuffahati, J., Rifai, A., Affandi, R. H., Pradita, S., Akmalia, R., & Siahaan, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Manajemen Dalam Perencanaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Efisiensi Pendidikan. Academy of Education Journal, 14(2), 506 522. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i 2.1763
Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49–63. https://doi.org/10.55784/jupeis.vo l1.iss3.75
Melati, E., Fayola, A. D., 52Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732 741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1. 2988
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., Suharsono, N., Ekonomi, J. P., & Ganesha, U. P. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. 1.
Sofiarini Andriana, & S. A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran The Role of History Teachers in Utilizing Learning Media Innovations. Pendidikan, Jurnal Komunikasi, 4(2), 79–93.
Sofyan, R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Pada Subtema Ayo Cintai Lingkungan. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 272–280.
Srijumah. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 2 Kusambi. Skripsi, tidak diterbitkan, FKIP Universitas Halu Oleo. Kendari.
Urba, M., Ramadhani, A., Afriani, A. P., & ... (2024). Generasi Z: Apa Gaya Belajar yang Ideal di Era Serba Digital? Jurnal Pendidikan , 29–34. Retrieved from http://journal.yp3a.org/index.php/diajar/article/view/2265%0Ahttps: //journal.yp3a.org/index.php/diaja r/article/download/2265/988
Wandini, Rora Rizki. (2019). Pembelajaran Matematika untuk Calon Guru MI/SD. Medan: Widya Puspita
Yulianto Lutfi Muhammad & Pravitasari Galuh Suryanti (2017). Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus Di SDN 3 Tarubasan Klaten). Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 42 – 53.
Yusuf, S. (2020). Upaya Peningkatan Pemahaman Guru Dalam Menyusun Laporan Ptk Melalui Pembimbingan Terfokus Dengan Pendekatan Kolaboratif. Jurnal Kajian Pembelajaran Keilmuan, 4(1).
Copyright (c) 2025 Den Ajeng Khuluqiyah, Sudrajat Sudrajat, Mulyani Mulyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







