Tindak Tutur Ekspresif Guru Di Kelas VI SDN Kota Gorontalo Dalam Proses Belajar Mengajar
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk tindak tutur ekspresif guru di kelas VI SDN 42 Kota Gorontalo dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk tindak tuur ekspresif guru di kelas VI SDN 42 Kota Gorontalo dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, peneliti mendeskripsikan secara jelas bentuk tindak tutur ekspresif yang akan digunakan guru pada saat belajar mengajar di dalam kelas. Ada pun sumber data yang di gunakan peneliti adalah data primer. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriptif kualitatif, tipe penelitian ini bersifat penelitian lapangan sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah merekam, dokumentasi, dan observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif adalah penelitian yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan suatu kejadian secara sistematis dan akurat. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif. Salah satu teknik yang peneliti gunakan dalam pengumpulan data adalah observasi partisipan. Dalam hal ini, peneliti melakukan observasi di dalam kelas dengan cara mengunjungi sekolah tempat peneliti akan mengamati bagaimana bentuk tindak tutur ekspresif yang digunakan oleh guru disekolah tersebut dalam berterima kasih, memuji, menyalahkan, dan mengucapkan selamat kepada muridnya.Tindak tutur ekspresif
References
Chear dan Leonie. (2010: 53-70) Jenis tindak tutur. Tindak tutur ilokusi dan perlokusi. Jakarta: PT. Raneka cipta.
Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan berbahasa. Jakarta: PT. Rineka cipta.
Chaer dan agustina (2010: 50) timdak tutur ekspresif fan fungsinya.
Cummings, Louise. (2007:9). Prakmatik Sebuah Perpektif Multidisipliner. Yokyakarta: Pustaka Belajar.
Fitriah, Fitriani. (2017). Analisis Tindak Tutur dalam novel marwah di ujung barat kerya R.H. Fitriadi. Jurnal 2017, hlm 53.
Gunarwan, Asim. 2007. Prakmatik Teori dan kajian nusantara. jakarta:Universitas Atma Jaya.
Merry febrianti. Unuversitas Muhammadiah jember. Tindak tutur ekspresif guru terhadap siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum.
Nader. (2009). Prakmatik dan penelitian prakmatik. Yokyakarta : Graha ilmu.
Prayanto, Harun joko. 2011. Sesantunan sosioprakmatik: studi pemakaian tindak tutur eksrtesif di kalangan anak didik SMP berbudaya Surakarta. Universitas muhammadiyah Surakarta.
Riadi, Mushlisin. (2020). Tindak tutur (pengertian, fungsi dan jenis-jenis). Di akses pada tanggal 24/2/2023.
St.Rahmaniar. 2018 penggunaan tindak tutur ekspresif dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA Negri 8 Mandai Kebupaten Maros. Skripsi. Universitas Negri Makasar.
Stanbo (2019: 251) menyatakan bahwa bentuk tindak tutur ekspresif adalah tindak tutur yang dilakukan dengan maksud untuk menilai atau megevaluasi hal yang disebutkan dalam tuturannya,
Searle dalam Mahmuda (2006) menyatakan bahwa tuturan perlokusi ialah tindak tutur yang berkenaan dengan adanya efek dan perilaku nonlingguistik dari orang lain.
Staiback,( Sugiono: 224). Analisis digunakan uantuk memahami data dan konsep dalam data penelitian.
Searle (dalam Saifudin 2019: 8) menyatakan bahwa ekspresif yaitu ungkapan sikap dan perasaan tentang suatu keadaan yang di rasakan.
Searle (dalam Wijayanti, 2014: 19-20) menyatakan bahwa tindak tutur perlokusi di bedakan menjadi tiga yaitu: tindak tutur perlokusi verba, tindak tutur perlokusi non-verba, dan tindak tutur verba nonverbal.
Sugiono, (2006). Kegiatan deskripsi data sebagai tempat mengumpulkan informasi yang sudah disusun secara sistimatis.
Tarisman Ismail dengan judul tindak tutur derektif dalam pembelajaran bahasa Indonesia dikelas VIII SMP Negri 3 Bajeng Kebupaten Gowa.
Yule (2014: 82-93) mengungkapkan bahwa tindak tutur merupakan salah satu tindakan yang di tampilkan melalui ujaran atau proses komunikasi, dan tindak tutur ekspresif jenis tindak tutur yang menyatakan sesuatu yang di rasakan oleh penutur.
Copyright (c) 2024 Risnawati Yusuf

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







