Pengembangan Bahan Ajar IPAS berbatuan Media Audio Visual Berbasis Problem Based Learning (PBL)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar IPAS berbantuan media audiovisual berbasis Problem Based Learning (PBL) pada siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (research and development) dengan model Dick and Carey. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar sebanyak 25 orang sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui angket validitas dan kepraktisan, serta tes pilihan ganda untuk efektivitas bahan ajar. Analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar mata pelajar IPAS materi Cerita tentang Indonesia kita (14,84 poin) siswa setelah menggunakan bahan ajar ini. Peningkatan ini didukung oleh nilai signifikansi uji-t (p < 0,05). Penelitian ini menegaskan bahwa inovasi dalam bahan ajar dan metode pembelajaran, seperti penggunaan media audiovisual dan PBL, dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS kelas VI SD.
References
Asnawir. (2022). Media Pembelajaran. Padang: Ciputat Press
Dewi, Ni Kade Ayu Novita. (2024). “Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping berbantuan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 5 (3): 222-229
Fitriani, A., & Rahmawatu, D. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran novated terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 26(2): 45-58.
Hatimah, H., Wahyudi, Verawati, N.Y.S.P.,Gunawan. (2022). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning Berbantuan Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus”. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(2c)
Husamah, H., & Sari, Y. (2021). “Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 28(2), 87-99.
Jannah, Faridahtul. (2023). “Penerapan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka II UPT SD Ngeri 323 Gresik”. Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU). Vol 3(1): 131-143.
Khorudin, Rifqi,. dkk. (2022). “Pengembangan Modul dalam PBL untuk meningkatkan Keampuan Pemahaman Konsep IPS dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu. Vol 6(3): 4442-44450.
Musyawir, dkk. (2022). Model-model Pembelajaran Inovatif. Medan: PT. Mifandi Mandiri Digital.
Patmawati. (2024). “Penerapan Metode Demonstrasi berbatuan Media Audiovisual berupa Video dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Siswa. Jurnal IAIN Padangsidimpuan. Vol 4(1): 82-93.
Risal, Zef., dkk. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development (R&D): Konsep, Teori-teori, dan Desain Penelitian. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Salamun, dkk. (2021). Model-model Pembelajaran Inovatif. Lampung: Yayasan Kita Menulis.
Syamsu, Azhari., dkk. (2022). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project Base Learning pada Mata Pelajaran Produkif Kreatif dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan”. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 7(2): 395-399.
Yuristia, Fatma. (2022). “Pengembangan IPA Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu. Vol 6(2): 2400-2409.
Copyright (c) 2025 Siti Maghfiroh, Erik Aditia Ismaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







