Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Sederhana
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan e-modul yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kebutuhan mahasiswa, mengukur validitas dan kepraktisan bahan ajar e-modul. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik analisis yang digunakan terdiri dari teknik deskriptif kualitatif dan teknik statistik deskriptif. Subjek penelitian ini melibatkan dua validator untuk materi dan media, satu dosen pengampuh mata kuliah, serta 30 orang mahasiswa yang dipilih sesuai kebutuhan penelitian. Pengumpulan data menggunakan angket identifikasi kebutuhan mahasiswa, angket validasi materi, angket validasi media, angket uji kelompok kecil, angket uji kelompok besar dan angket tanggapan dosen mata kuliah. Hasil validasi materi dan media mendapatkan kualifikasi sangat baik. Uji coba kepraktisan pada kelompok kecil dan kelompok besar masing-masing memperoleh kuaifikasi sangat praktis, serta tanggapan dosen mata kuliah memperoleh kualifikasi sangat baik. Hasil dari penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar e-modul yang dapat digunakan pada pembalajaran.
References
Afifulloh, M., & Cahyanto, B. 2021. Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Elektronik di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 31-36.
Aisyah, S., Noviyanti, E. dan Triyanto, T. 2020, Bahan Ajar sebagai Bahan dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2(1), 62-65.
Depdiknas. 2008. Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depertemen Pendidikan Nasional
Gufran dan Imran, M. 2020. Pemanfaatan e-modul berbasis Smartphone sebagai Media Literasi Masyarakat. Jurnal dan Pendidikan Ilmu Sosial, 4(2), 10-15.
Hikma, N., Hamid, M. dan Syamsurijal, S. (2021). Pengembangan e-modul interaktif pada mata kuliah jaringan komputer di Program Studi PTIK JTIK FT UNM. Jurnal MediaTIK, (Online) 4(2), 13-16. https://journal.unm.ac.id/index.php/MediaTIK/article/view/3073 (diakses, 6 Januari 2022).
Nur, J. 2022. Pengembangan Modul Digital Hypercontent pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 3 Bantaeng. Jurnal of Education Technology, Curriculum, Learning, and Communication, 2(4), 119-125.
Rosilia, P., Yuniawatika, Y., & Murdiyah, S. 2020. Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Siswa di Kelas III SDN Bendogerit 2 Kota Blitar. Premier Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 125-137.
Rusdi, M. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Zafira, H. dan Yanti, F. 2023. Uji Validitas E-Modul Menggunakan Software Flip Pdf Kelas V Sekolah Dasar Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, (Online) 7(3), 426-434. https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.45456 (diakses, 29 Juli 2024).
Zinnurain, Z. 2021. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis FLIP PDF Corporate Edition pada Mata Kuliah Manajemen Diklat. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 132-139.
Copyright (c) 2025 Merrisa Manoarfa, Widyastri Atirah, Abdul Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







