Nilai Pendidikan Pada Pengasuhan Orang Tua Tunggal Di Kota Gorontalo

  • Nita Sawaku Universitas Negeri Gorontalo
  • Zulkarnain Anu Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Nilai Pendidikan Keluarga, Pengasuhan, Orang tua tunggal

Abstract

Aspek nilai pendidikan pada pengasuhan orang tua tunggal dalam hal ini memberikan pengaruh terhadap perkembangan fisik dan psikologi anak. Nilai-nilai pendidikan dalam keluarga yang fokus penelitiannya aspek nilai pendidikan pada pengasuhan orang tua tunggal yang menghasilkan orang tua tunggal tidak hanya menjadi orang yang dapat memenuhi kebutuhan primer dan sekunder anak akan tetapi pendidikan dalam keluarga pun perlu menjadi tugas dan tanggung jawab orang tua. Dengan nilai-nilai pendidikan dalam lingkungan keluarga baik nilai nurani di antaranya kejujuran, keberanian, disiplin diri, religius, dan adapun nilai memberi di antaranya menghormati, cinta dan kasih sayang, adil, murah hati inilah yang menjadi pedoman hidup seseorang dalam berkehidupan sosial serta memberikan efek secara signifikan terhadap perkembangan jiwa seorang anak dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dapat ditentukan bahwa nilai pendidikan yang paling dominan dalam perkembangan anak dan pengasuhan orang tua tunggal adalah nilai nurani. Karena nilai nurani sangat memberi pengaruh terhadap perkembangan anak, nilai yang bersumber dari hati nurani memberikan hal yang positif sehingga anak dapat mengerjakan segala sesuatu dengan baik, dan meninggalkan yang buruk atas kemauannya sendiri. Dengan begitu seorang anak akan memiliki akhlak yang baik walaupun anak memiliki keluarga yang tidak utuh lagi, melihat keadaan bahwa ada beberapa anak dari orang tua tunggal yang memiliki perilaku menyimpang. Jadi aspek nilai pendidikan yang ada dalam nilai nurani sudah sangat mendukung terhadap aspek nilai pendidikan yang ada dalam nilai memberi.

References

Agus Prayoga. 2013. Pola Pengasuhan Anak Pada Keluarga Orang Tua Tunggal. Skripsi. Universitas lampung.

Jailani, M.S. 2014. Teori pendidikan keluarga dan tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal pendidikan islam. Vol. 8, No. 2 oktober 2014: 246-260

Moleong, Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rodakarya.

Safrudin Aziz. 2015. Pendidikan Keluarga: Konsep dan Strategi. Yogyakarta: Gava Media.

Satori, Djam’an. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung, Alfabeta.

Published
2020-06-19
Section
Articles