Evaluasi Program Pelatihan Peningkatkan Kompetensi Pendidik Paud
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) evaluasi komponen contexct evaluasi program pelatihan peningkatan kompetensi pendidik PAUD di Dinas Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, (2) evaluasi komponen input evaluasi program pelatihan peningkatan kompetensi pendidik PAUD di Dinas Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, (3) evaluasi komponen proses evaluasi program pelatihan peningkatan kompetensi pendidik PAUD di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, (4) evaluasi komponen product (hasil) evaluasi program pelatihan peningkatan kompetensi pendidik PAUD di Kabupaten Bolaang Mongodow Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan model evaluasi CIPP meliputi aspek context, input, proses, dan produk program pelatihan peningkatan kompetensi pendidik PAUD. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Temuan hasil penelitian adalah pertama, hasil evaluasi terhadap komponen contexct program pelatihan peningkatan kompetensi pendidik PAUD di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara berada pada kategori baik. Kedua, hasil evaluasi terhadap komponen input program pelatihan peningkatan kompetensi pendidik PAUD di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara berada pada kategori sangat baik. Ketiga, hasil evaluasi terhadap komponen proses program pelatihan peningkatan kompetensi pendidik PAUD di Kabupaten Bolaang Mongodow Utara berada pada kategori sangat baik. Keempat, hasil evaluasi terhadap komponen masukan program pelatihan peningkatan kompetensi pendidik PAUD di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara berada pada kategori cukup.
References
Arikunto, Suharsimi dan Cepi Syarifudin. 2008. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta : Bumi Aksara
Depdikbud. 2015. Pedoman Pembinaan Gugus Paud . Tersedia pada :
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Prinsip-Prinsip Manajemen Pelatihan. Edisi Kedua. Pusdiklat Pegawai Depdiknas.
Thoha Chabib. 2001. Evaluasi Pendidikan Jakarta: Rajawali Press.
Daryanto, H. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Farida Yusuf Toyib. 2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi. Jakarta: PT Rineka Cipta
Hasan, Hamid 2008. Evaluasi Program . Bandung : Remaja Rosdakarya
Hermana. 2008. Evaluasi Program Tingkat Satuan Pendidikan, Alberty: Bandung
Jinan Bandar Lampung. Lampung; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2001. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sukardi HM. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta. Bumi Aksara.
Stufflebeam, Daniel L. 2002. CIPP Evaluation Model Checklist: A tool for applying the Fifth Installment of the CIPP Model to assess long-term enterprises. Tersedia pada http://www. ed.uiuc.educir cepublicationsc CIPP.Diakses pada tanggan 14 Juni 2015
Stufflebeam Daniel.L. 2003. Evaluation Theory, Models, and Applications, San Fransisko,Publihed by Josey. Bass
Wibawa Samudra, 2004. Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta; Raja Grafindo Persada
Widoyoko, S.E.P. 2007. Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran IPS SMP. Yogyakarta: PPS UNY.
Copyright (c) 2020 Fatmawati Ngadi, Zulkarnain Anu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







