Pengaruh Alat Permainan Edukatif Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Pembelajaran Sains

  • Riska Djamalu Universitas Negeri Gorontalo
  • Rusdin Djibu Universitas Negeri Gorontalo
  • Rapi Us. Djuko Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Kata Kunci: Hasil Pembelajaran Sains, Alat Permainan Edukatif Berbasis Lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari alat permainan edukatif berbasis lingkungan terhadap hasil pembelajaran sains di TK Tribrata Desa Tupa Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan kelas dengan jumlah peserta didik terbanyak yaitu kelas B, berjumlah 30 peserta didik yang dibagi dua kelas: kelas B1 sebagai kelas kontrol 15 peserta didik dan kelas B2 sebagai kelas eksperimen 15 peserta didik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial,sedangkan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-test atau uji t dengan dibantu oleh program komputer Microsoft Excel dan program SPSS versi 16. Berdasarkan perhitungan uji analisis menggunakan bantuan program SPSS versi 16  dengan memilih uji independent sampel test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0.039 dan nilai ini < dari 0.05, sedangkan dari hasil thitung diperoleh nilai sebesar 2,166 dan nilai ini > dari 2,048. Karena nilai Sig (2-tailed) <  atau thitung maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya penggunaan alat permainan edukatif berbasis lingkungan terdapat pengaruh yang signifikan.

References

Arifin, Zainal. 2012. Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak dan Raudhatul Athfal. Jakarta : Depdiknas

Nugraha, Ali. 2008. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung.

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.

Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan (Untuk Pendidikan Anak Usia Dini). Jakarta. PT Grasindo.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatof, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alpabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke 20. Bandung: Alpabeta

Suyanto. 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional

Published
2021-06-29
Section
Articles