Kendala Dalam Pelaksanaan Kegiatan Pramuka Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Sekolah menjadi salah satu pendidikan nasional karena pendidikan juga menjadi salah satu usaha untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Ekstrakurikuler Pramuka menjadi kurikulum wajib pada pendidikan sebagai pilar pendidikan karakter bangsa. Penelitian ini untuk mengetahui kendala apa saja yang ada didalam ekstrakurikuler pramuka. Peserta didik akan memperoleh pengalaman langsung serta dapat terlatih untuk menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang ia pelajari. Oleh karena itu, salah satu faktor adanya perkembangan karakter religius, tergantung pada proses pendidikan yang diterima, dalam hal ini adalah kegiatan ekstrakulikuler. Dengan demikian, melalui kegiatan ekstrakulikuler diharapkan karakter religius dapat tertanam ke dalam jiwa peserta didik, sehingga menjadi pribadi yang beriman dan bermartabat.
References
Darmawan, Deni. (2014). Metode Penelitian kualitatif. Bandung: PT: Remaja Rosdakarya.
Moleong, J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. (2009). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.
Minarti, Sri. (2011). Manajemen Sekolah Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Muritho, Joko. (2010). Kursus Mahir Dasar untuk Pembina Pramuka. Kolonprogo: Kwarcab Kulon Progo.
Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umam, Khaerul. (2010). Perilaku Organisasi. Bandung: Pustaka Setia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
Yasin, Fatah. (2011). Penumbuhan Kedisiplinan Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah. Jurnal Edukasi (Vol 9).
Copyright (c) 2021 Annisa Lassura

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.