Implementasi Media Realia Di Kelompok A (usia 4 - 5 tahun)

  • Della Anggriany Pakelo Mahasiswi
  • Pupung Puspa Ardini
  • Sri Wahyuningsi Laiya

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi media realia di kelompok A TK Aster Kota Barat Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media realia di kelompok A TK Aster Kota Barat Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Media realia di Kelompok A TK Aster Kota Barat Kota Gorontalo dalam pembelajaran dengan menggunakan media realia yang dilaksanakan didalam kelas anak mendapatkan informasi langsung dari benda-benda yang sudah disediakan guru dalam kegiatan belajar mengajar. hal ini didukung dengan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti melalui indikator ketepatan media yang dipilih guru, keterampilan guru dalam menggunakan media, dan keterampilan pesan pembelajaran melalui media yang digunakan.

References

Ardini, P., P. & dkk. (2019). Media Realia Dalam Mengenalkan Kosa Kata Anak Kelompok A Di TK Kembang Teratai Kelurahan Lekobalo Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. Jurnal Untirta. 6(1),63-79.

Apriyansyah, C. (2018). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Penggunaan Media Realia. STKIP Panca Sakti Bekasi.

Asmawati, L. (2019). Ruang Lingkup Pengelolaan Kegiatan di Lembaga PAUD. Pustaka .ut.ac.id

Handayani, E. S. & Subakti, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Realia Melalui Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(2)1-12.

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Lestari, N. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Kreativitas Bela Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar Negeri Setia Darma 03 Tambung Selatan. II(2),1-8

Nurtaniawati. (2017). Peran Guru Dan Media Pembelajaran Dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Jurnal STKIP Siliwangi. 3(1).

Nurfadhillah, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Suka Bumi: Jejak

Nasution & Wulan. (2017) Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Benda Realia. Pendidikan MIPA. 2(1).

Parirak, M., A & Rahardjo, M., M. (2022). Perbandingan Penggunaan Lembar Kerja Dengan Media Realia Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6(1), 15-28.

Rahmawati, E. (2018). Pengguanaan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD IT Wahdatul Ummah Metro. (Skripsi IAIN Metro).

Sari, K., F & Oktamarina, L. (2022). Pengaruh Media Realia Terhadap Pemahaman Geometri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Iman Beringin Makmur I Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2021. Ejurnal.unib.ac.id. 7(1),11-22

Utoya, Setyo. (2017). Metode Pengembangan Matematika Anak Usia Dini.

Yuliana, I., T, dkk. (2018). Pengajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Dengan Media Realia Dan Flash Card. Jurnal PKM. 01(01), 39-47
Published
2025-03-27
How to Cite
Pakelo, D. A., Pupung Puspa Ardini, & Laiya, S. W. (2025). Implementasi Media Realia Di Kelompok A (usia 4 - 5 tahun). Student Journal of Early Childhood Education, 5(1), 29-42. https://doi.org/10.37411/sjece.v5i1.2149

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>