Pengaruh Media Loose Part Terhadap Minat Bermain Sains Anak Usia 5-6 Tahun

  • Viani Wulandari Pasambuna Mahasiswi
  • Pupung Puspa Ardini
  • Sri Wahyuningsi Laiya

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh media loose partterhadap minat bermain sains anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Montessori kecamatan dungingi kota gorontalo. Tujuan ini untuk mengetahui data pengaruh media loose part terhadap minat bermain sains anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Montessori. Metode penelitian yang digunaan kuantitatif eksperimen pre-eksperimen (on-group pretest-posttest design). Hasil penelitian dengan jumlah sampel 30 anak menunjukan adanya perbedaan besaran rata-rata hasil pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat pada data pretestmemperoleh nilai rata-rata 42 dan standar deviasi 2.637. sedangkan pada posttest memperoleh nilai rata-rata 41 dan standar deviasi 2.800. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Pengujian hipotesis dengan uji t, pada bagian sig. (2-tailed) diperoleh dari t hitung 0,000 <0,05 maka hipotesis diterima. Dengan demikian, hipotesis penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh media loose partterhadap minat bermain sains anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Montessori Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo.

References

Ardini P & Anik L. 2018. Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Watudandang Prambon Nganjuk. Hlm 43 +44.
Dabis, dkk. 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Alam Terhadap Motivasi Belajar Anak Kelompok B. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Pendidikan Guru pendidikan anak Usia Dini.Vol 2 No 1. Hlm 48.
Dewi, A. Chandra. 2011. Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Keterampilan Proses. Semarang: Jurnal Pendidikan Vol 1. Hlm 6
Djasri, Ilham. 2017. Minat Warga Belajar Paket C Terhadap Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB). Kota Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi. Hlm 19 + 21.
Fadlillah, M. 2019. Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. Hlm 6.
Hayati S & Putro K. 2021. Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Pendidikan islam Anak Usia Dini. Vol 4. No 1. Hlm 54 + 55.
Ibrahim, Jabal Tarik. 2020. Metode Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Malang: Universitas Muhamadiyah. Hlm viii + 112.
Idrus, Saripa H. Husen Al. 2010. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL 2) (Penelitian Pad Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi): Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi. Hlm 16.
Imamah, & Muqowin, M. 2020. Pengembangan Kreativitas Dan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Berbasis STEAM And Loose Part. Yinyang: Jurnal Studi Islam. .Vol 1 No 1. Hlm 172.
Kusumo, Satrio. 2016. Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Se-Gugus Nyi Ageng Serang. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Hlm 26.
Luly R. Oktaviyani. 2021. Deskripsi Pembelajaran Sains Dalam Kegiatan Eksplorasi Di Halaman Sekolah Untuk Anak Usia Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow. Sulawesi Utara: Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi. Hlm 6
Messra, Dkk. 2021.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi. Jambi: Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Vol 7. No 3.Hlm 179.
Mirawati, Rini Nugraha. 2017. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. Tasikmalaya: Universitas Tasik Malaya. Jurnal Pendidikan. Vol 1 No 1. Hlm 2.
Mubarokah. 2021. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Loose Parts Pada Anak Kelompok B TK Angrek V Muslimat NU. Boyolali: Jurnal Pendidikan. Vol 7 No 2. Hlm 537.
Pantoiyo, Misra. 2012. Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Di PAUD Andini. Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi. Hlm 6.
Ricardo, Rini Intansari Meilani. 2017. Impak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (The Impacts Of Students Learning Interest And Motivation On Their Learning Outcomes). Bandung: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol 2. No 2. Hlm 190.
Sabrina, Maestri. 2021. Pengaruh Media Loose Part Terhadap Pengembangan Kreativitas Anak Di Kelompok B2 TK Bina Anak Bangsa. Palu: Universitas Tadulako. Skripsi. Hlm 16 + 17.
Safira, Rizki Ajeng. 2020. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jawa Timur: Caremedia Communication. Hlm 2 + 19.
Samatowa, Usman. 2018. Metodologi Pembelajaran Sains Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Tangerang: Tsmart Printing. 4.
Septiani, Dkk. 2020. Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Vektor Di Kelas X Mipa 3 SMAN 2. Jember: Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 9. No 2.Hlm 65.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan, ALFABETA, Kota Bandung.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.ALFABETA, Kota Bandung.
Widayati, Dkk. 2020. Alat Permainan Edukatif: Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini. Jakarta: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Hlm 655.
Windows 2010. Sumber: Software SPSS Versi 16.00 For Windows.
Published
2025-03-26
How to Cite
Viani Wulandari Pasambuna, Pupung Puspa Ardini, & Laiya, S. W. (2025). Pengaruh Media Loose Part Terhadap Minat Bermain Sains Anak Usia 5-6 Tahun. Student Journal of Early Childhood Education, 5(1), 14-28. https://doi.org/10.37411/sjece.v5i1.2169

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>