Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi “Riko the Series” terhadap Partisipasi Belajar Anak
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media film animasi “Riko the Series” terhadap partisipasi belajar pada anak kelompok B TK PGRI Bungin Kabupaten Banggai Laut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis pre-experimental one group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 19 orang. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan data pretest memperoleh hasil nilai rata-rata 25,58 dan hasil nilai rata-rata post-test mencapai 38,26. Hasil ini mengemukakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media film animasi “Riko the Series” terhadap partisipasi belajar anak dikarenakan media memiliki gambar yang menarik disertai dengan unsur gerak dan suara
References
Agusriani, A. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Kartu Gambar. Jambura Early Childhood Education Journal, 3(1), 1-14.
Ardini, P. P., Pahrun, H. N., & Jamin, N. S. (2020, December). Pengaruh Animasi Gambar Terhadap Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun di Kota Gorontalo. In (Webinar) Seminar Nasional Pendidikan 2020 (Vol. 1, No. 1, pp. 106-109).
Hardiyanti, W. E., Ilham, M., Ekadayanti, W., & Jafarudin, J. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Animasi Gambar “Powtoon” bagi Guru PAUD. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 78-86.
Istiningsih. 2012. Pemanfaatan TIK Dalam Pembelajaran. Yogyakarta. Skripta.
Munir. 2015. Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung Alfabeta.
Nurbadrin, S., Mastini, I. G. A. P., Tine, N., & Djuko, R. U. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini saat Pandemi. In PROSIDING: SEMINAR NASIONAL ONLINE PAUD (pp. 66-72).
Putri, Widya. 2020. Project Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Partisipasi Belajar Anak. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 388-396.
Copyright (c) 2021 Siti Fatima Azis, Rapi Us. Djuko, Nunung Suryana Jamin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.