PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN BITAHAN 2 RANTAU KECAMATAN LOKPAIKAT

  • Lili Agustina STKIP PGRI Banjarmasin
  • Linda Damayanti STKIP PGRI Banjarmasin

Abstract

Setiap orang tua menunjukkan peran dan perhatian yang berbeda-beda terhadap anak-anaknya. Perhatian yang diberikan orang tua antara lain sebagai fasilitator dan motivator. Jenis penelitian ini adalah penelitin kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini, yaitu orang tua dan siswa.Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, pengelompokkan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian yang diberikan orang tua anatara lain sebagai fasilitator dengan menyediakan sarana alat belajar seperti tempat belajar, buku-buku pelajaran dan alat-alat tulis. Sebagai motivator dengan memberikan motivasi kepada anak terhadap prestasi belajar anak dengan memberi hadiah maupun kata-kata pujian, serta memberikan bantuan kepada anak dalam menghadapi kesulitan belajarnya dengan pemberian penjelasan pada bagian yang sulit dimengerti oleh anak. Hambatan orang tua dalam memotivasi anak yaitu anak malas mengerjakan tugas sekolah dan anak sering bermain.Upaya orang tua dalam mengatasi hambatan yang terjadi, yaitu berupa hukuman maupun nasihat.

Author Biography

Linda Damayanti, STKIP PGRI Banjarmasin

l

Published
2021-12-31