Peningkatan Hasil Belajar, Motivasi dan Kepercayaan Diri dengan Media Kantong Sawit pada Mata Pelajaran Matematika

  • Muhammad Nur Huda University of the Immaculate Conception
  • Yunia Tiara Riski Sekolah Indonesia Davao, Filipina
Keywords: Hasil belajar matematika, motivasi, kepercayaan diri, media pembelajaran, kantong sawit

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar serta motivasi dan kepercayaan diri dengan penerapan media Kantong Sawit pada materi penjumlahan bilangan sampai 500 di kelas II CLC 3 Ladang Lumadan, Sabah – Malaysia. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan desain berupa 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Jenis data berupa data kuantitatif berupa hasil tes tertulis serta data kualitatif yang didapatkan dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Subjek Penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II, guru, dan dokumentasi. Analisis data yang berkaitan dengan aktivitas peserta didik menggunakan teknik analisis data penelitian deskriptif, sedangkan analisis data yang berkaitan dengan hasil belajar menggunakan teknik penskoran dimana setiap jawaban benar di beri skor satu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada pra siklus sebesar 43,3 meningkat pada siklus I sebesar 61,3 kemudian meningkat lagi pada siklus II sebesar 87,1. Banyak peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal pada pra siklus sebesar 40,0% meningkat menjadi 53,3% pada siklus I dan 86,7% pada siklus II. Komponen penilaian motivasi menunjukkan rata-rata skor peserta didik meningkat dari 2,4  pada siklus I menjadi 2,58 pada siklus II dengan kategori baik. Sedangkan kepercayaan diri yang mula-mula 2,06 pada siklus I meningkat menjadi 2,23 pada siklus II dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media kantong sawit dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.

 

Abstract

The purpose of this study was to improve learning outcomes and motivation as well as confidence with the application of Palm Bag learning media in addition the number until 500 for 2nd grade students of CLC 3 Ladang Lumadan, Sabah – Malaysia. This research used classroom action research design by 1) planning, 2) acting, 3) observing, and 4) reflecting. The qualitative data were collected by observation, while the quantitative by paper based test. The sources of the data were the 2nd grade students, teacher, and documentation. The analysis data for students’ activity used descriptive analysis technique, while the learning outcomes used scoring technique. The finding showed that the rate of the learning outcomes increased from 43,3 in pra cycle to 61,3 in cycle I and 87,1 in cycle II. Students who passed the minimum criteria from 40,0% pra cycle increased to 53,3% in cycle I and 86,7% in cycle II. The motivation increased 2,4  in cycle I to 2,58 in cycle II with category “good”, whereas the confidence increased from 2,06 in cycle I became 2,23 in cycle II with category “good”. Based on the finding it could be concluded that Palm Bag learning media could improve the mathematics learning outcomes.

Published
2020-12-29