PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 2 TELAGA BIRU

  • Sartinmiyodu Sartin UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
  • Sumarni Mohamad
  • Yusuf Jafar
Keywords: Model Pembelajaran Jigsaw, Kemampuan Berbicara

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini “Apakah model pembelajaran jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas 5 SDN 2 Telaga Biru?”. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh pemahaman, persoalan dan memecahkan pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas 5 SDN 2 Telaga Biru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Telaga Biru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif.  Teknik analisis data T test. Variabel bebas “model pembelajaran jigsaw”, variabel terikat “kemampuan berbicara”. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung = 12,127 > ttabel = 2,043 atau dapat juga dilihat pada nilai sig = 0,000 < taraf signifikan α =0,05 artinya  terdapat pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas 5 SDN 2 Telaga Biru. Kesimpulan, terdapat pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan berbicara siswa kelas 5 SDN 2 Telaga Biru.

Published
2024-03-05