PENDIDIKAN KARAKTER KI HAJAR DEWANTARA DALAM KONSEP MERDEKA BELAJAR

  • mutia harun universitas negeri manado
  • Susan
  • Harol
Keywords: pendidikan karakter, merdeka belajar

Abstract

Ki Hajar Dewantara merumuskan pendidikan karakter  tidak hanya sekedar upaya pendidikan semata, namun juga berharap dapat mengembangkan manusia  yang berkarakter dan berakal budi melalui pendidikan.  sistem yang mendukung Standar dan moralitas yang tinggi pada akhirnya mengantarkan peserta didik menjadi manusia baik yang selaras dengan kemanusiaan. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan untuk mengkaji bagaimana konsep pembelajaran kurikuler otonom yang memuat pendidikan karakter Ki Hajar Dewantara. Untuk penelitian ini, sumber informasi utama adalah buku-buku ilmiah dan jurnal. Berdasarkan pernyataan Ki Hajar Dewantara, temuan ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter—semacam kurikulum otonom—masih relevan di ruang kelas saat ini. Terkait dengan visi Ki Hajar Dewantara terhadap pendidikan Indonesia, kebijakan Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi mengenai otonomi siswa di kelas sudah tepat. Siswa dan pengajar sama-sama memperoleh manfaat besar dari otonomi yang muncul dalam pemikiran mereka sendiri, yang menumbuhkan suasana kondusif untuk pembelajaran dan pengembangan ide orisinal. Karena pelajar Indonesia sudah terbiasa belajar dan memperoleh ilmu tergantung pada lingkungannya, penerapan fleksibilitas pembelajaran ini ke dalam sistem pendidikan negara akan menghasilkan siswa yang berkarakter.

References

Aini, D. K. (2022). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
Aji, L., & Cahyani, D. (2023). Konsep Sistem Among Ki Hajar Dewantara dalam Merdeka Belajar. 01, 189–193.
Al Kahar, A. A. D. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER MULTIDIMENSI SEBAGAI APLIKASI KONSEP MERDEKA BELAJAR DALAM MENYAMBUT BONUS DEMOGRAFI. AN NUR: JURNAL STUDI ISLAM, 13(1), 67–89. HTTPS://DOI.ORG/10.37252/AN-NUR.V13I1.99
Anggraini, G. O., & Wiryanto, W. (2022). Analysis of Ki Hajar Dewantara’s Humanistic Education in the Concept of Independent Learning Curriculum. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(1), 33–45. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.41549
Asa, A. I. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara Dan Driyarkara. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 245–258. https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.25361
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Budiwati, R., & Fauziati, E. (2022). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara. Jurnal Elementa, 4(1), 15–24. https://doi.org/10.33654/pgsd
Cahyono, B. (2022). Pendidikan Karakter Merdeka Belajar Pada Pendidikan Abad 21 di SMAN 1 Dlingo. Pascasarjana Pendidikan UST, 2(1), 1–9.
Dari, U. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara Bagi Mahasiswa Generasi Z. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 76–86. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Efendi, P. M., Tatang Muhtar, & Yusuf Tri Herlambang. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548–561. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487
Istiq’faroh, N. (2020). Relevansi Filosofi Ki Hajar Dewantara Sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–10.
Jumiarti, D. N. (2023). Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Merdeka Belajar Di Taman Siswa 1922-1932. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 243–252. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4465
Kurniati, S. (2022). Pandangan Ki Hajar Dewantara dan Implementasi bagi Pendidikan Karakter dalam Merdeka Belajar. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 5(1), 60–74.
Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75–81. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285
Radjilun, M. S., & Abas, H. T. (2023). Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara dan Penguatannya di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(12), 733–740. https://doi.org/10.5281/zenodo.8167317%0Ahttp://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/5632
Salassa, A., Rombe, R., & Fani Parinding, J. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(6), 541–554.
Samho, B. (2015). Pendidikan Karakter dalam Kultur Globalisasi: Inspirasi dari Ki Hadjar Dewantara. Melintas, 30(3), 285. https://doi.org/10.26593/mel.v30i3.1447.285-302
Sari, D. E. I. P. (2023). Konseptualisasi Dasar-Dasar Pendidikan Ki Hajar Dewantara Terhadap Pendidikan Karakter. Prosiding National Conference for Ummah, 2(1), 433–437. https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1194
Setiawan, S. A. (2022). Konsep Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara Pada Kurikulum Merdeka Dan Implementasinya Dalam Pak Di Sekolah Samuel. E K K L E S I A Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 45–56.
Sholihah, D. A. (2021). Pendidikan Merdeka dalam Perspektif Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Merdeka Belajar di Indonesia. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 12(2), 115. https://doi.org/10.21927/literasi.2021.12(2).115-122
Sukri, S., Handayani, T., & Tinus, A. (2016). Analisis Konsep Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dalam Perspektif Pendidikan Karakter. Jurnal Civic Hukum, 1(1), 33. https://doi.org/10.22219/jch.v1i1.10460
Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117–6131. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177
Sutrisno, C., & Zuchdi, D. (2023). Analisis muatan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam desain pendidikan karakter pada gerakan penguatan pendidikan karakter. Humanika, 23(2), 189–200. https://doi.org/10.21831/hum.v23i2.60513
Zulfiati, H. M. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF KI HADJAR DEWANTARA DALAM MEMBENTUK GENERASI UNGGUL ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Prosiding Seminar Nasional PGSD, ISBN 978-6(April), 1–6.
Published
2024-03-22