PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS V MI ALMOURKY TELAGA (pada materi sistem gerak manusia, sistem pernapasan manusia dan sistem pencernaan manusia)
Abstract
Permasalahan penelitian ini meliputi (1) Bagaimanakah kondisi objektif panduan praktikum IPA di kelas V MI AlMourky Telaga? (2) Bagaimanakah pengembangan panduan praktikum IPA model Project Based Learning di Kelas V MI AlMourky Telaga yang akan dikembangkan? (3) Bagaimanakah Validitas panduan praktikum IPA model Project Based Learning di kelas V MI Almourky Telaga yang telah dikembangkan? Penelitian ini tergolong jenis penelitian R&D (Research and Development), yang diadaptasi dari Sugiyono terdiri dari 10 tahapan, namun pada tahap ini peneliti batasi sampai pada tahap perbaikan desain, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA MI Al-Mourky Telaga yang berjumlah 24 orang. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. dari hasil uji validator Panduan Praktikum IPA memperoleh hasil rekapitulasi skor 93,12. yang terdiri dari hasil validator ahli media memperoleh skor 93,10, untuk ahli materi memperoleh skor 89,74 dan untuk praktisi memperoleh 96,52. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum IPA model Project Based Learning yang dikembangkan sangat layak dan dapat dilanjutkan kepada tahap selanjutnya.
Copyright (c) 2022 Yasmin Hapulu, Gamar Abdullah, Isnanto Isnanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




