Analisis Keberhasilan Penggunaan Macromedia Flash 8 sebagai Media Pembelajaran Interaktif di SDN 3 Tomilito

Keywords: Media Pemebelajaran Interaktif, Macromedia Flash 8, Inovasi Pembelajaran, Efektifitas Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberhasilan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 di kelas tinggi Sekolah Dasar Negeri 3 Tomilito, yang terletak di wilayah 3T Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket yang disebarkan kepada siswa kelas IV, V, dan VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif Macromedia Flash 8 memperoleh kategori “baik” dalam mendukung proses pembelajaran. Rata-rata persentase penggunaan media pada kelas IV mencapai 83%, kelas V sebesar 86%, dan kelas VI sebesar 84%. Temuan ini menunjukkan bahwa media interaktif Macromedia Flash 8 mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran, serta efektif digunakan di lingkungan pendidikan dasar wilayah 3T.

References

Agna Bella Amanda, Amirul Mukmin, B., & Eka Putri, K. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 40–48. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i1.1348
Ayunda, Y. S., & Fitria, Y. (2022). Desain Multimedia Interaktif Berbantu Macromedia Flash 8 Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 3086–3092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1635
Azzahra, R. F., MZ, A. F. S. A., & Irmaningrum, R. N. (2023). Efektifitas Multimedia Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(5), 1965–1974. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5418
Basuki. (2021). Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif. Media Sains Indonesia.
Gunawan, A. R. (2021). Studi Literatur Penggunaan Software Macromedia Flash 8 Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(2), 39–48.
Muharani, A., & Desyandri, D. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Authors. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12648–12652.
Nisa, K., Syafe’i, I., & AD, Y. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 418–427. https://doi.org/10.51878/learning.v5i1.4556
Pakaya, I. I., Djahuno, R., Imran, F., Mahmud, R., & Kai, N. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar Wilayah 3T Kabupaten Gorontalo Utara. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 10(4), 987. https://doi.org/10.32884/ideas.v10i4.1896
Ramadhani, F. A., Sanatang, S., & Sulaiman, D. R. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Pengantar Teknologi Informasi. Innovation, Quality Education, and Profesional Teach Journal, 1(1), 10–15.
Saputra, H. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Profesional 8. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(1).
Titin, T., Yuniarti, A., Shalihat, A. P., Amanda, D., Ramadhini, I. L., & Virnanda, V. (2023). Memahami Media untuk Efektifitas Pembelajaran. JUTECH : Journal Education and Technology, 4(2), 111–123. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2907
Published
2025-06-01