Persepsi Mahasiswa terhadap Strategi Pembelajaran: Analisis Apersepsi pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran PGSD

  • Ade Mahniar Universitas Negeri Gorontalo
  • Widi Candika Pakaya Universitas Negeri Gorontalo
  • Darmawan Thalib Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Persepsi mahasiswa, strategi pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, teknologi, pendidikan tinggi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang akan memulai mata kuliah Strategi Pembelajaran. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana mahasiswa memandang konsep strategi pembelajaran, pengalaman mereka dengan berbagai metode pembelajaran, serta harapan mereka terhadap mata kuliah Strategi Pembelajaran. Data diperoleh melalui kuisioner yang diisi oleh 84 mahasiswa pada pertemuan pertama mata kuliah. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki pemahaman dasar yang baik tentang strategi pembelajaran, namun terdapat beberapa variasi dalam preferensi mereka terhadap penggunaan teknologi dan metode pembelajaran tertentu. Pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dianggap efektif oleh mahasiswa, meskipun tantangan seperti manajemen waktu dan perbedaan gaya belajar tetap menjadi kendala. Penelitian ini menyarankan agar pengajaran mata kuliah Strategi Pembelajaran mengintegrasikan teknologi dengan lebih baik dan memperhatikan keragaman gaya belajar mahasiswa untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih inklusif.

References

Anderson, L. W. (2021). Persepsi mahasiswa PGSD tentang penggunaan Padlet pada pembelajaran Microteaching. JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 9(2), 79–86.
Sahlberg, P. (2012). Finnish Lessons: What Can the World Learn from Educational Change in Finland? New York: Teachers College Press. ISBN: 978-0807752579.
Schunk, D. H. (2012). Teori-teori pembelajaran: Perspektif pendidikan (E. Hamdiah & R. Fajar, Trans.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. ISBN: 978-602-229-040-7.
Slavin, R. E. (2017). Educational psychology: Theory and practice (11th ed.). Pearson Education.
Janssen, M., et al. (2010). The Role of Technology in Education: A Global Perspective. Educational Technology & Society, 13(3), 1-10.
Retnowati, S. (2018). Pengembangan Metode Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Published
2025-06-09