MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING DI KELAS II SDN 11 LIMBOTO BARAT KABUPATEN GORONTALO
Abstract
Indah Permatasari Lamusu. 2021,Improving students' Ability in Writing simple sentences using the snowball throwingmodel in the 2nd grade of SDN 11 Limboto Barat, Gorontalo District. undergraduate thesis. Department of elementary teacher education, faculty of education, state university of gorontalo.the principal supervisior is Dra. Evi Hasim, M.Pd and the Co Supervisior is Dr. Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd
The research problem is whether or not the snowball throwing model can improve students' ability in writing simple sentences in the 2nd grade of SDN 11Limboto Barat, Gorontalo District. the objective is to improve the students' ability in writing simple sentences using the snowball throwing model in the 2nd grade of SDN 11 Limboto Barat, Gorontalo District. This research is a classroom action research comprising 2 cycles.
References
Adudu, Suci Mulyati. 2020. Meningkatkan Kemampuan Siswa Berpidato Melalui Model Snowball Throwing di Kelas IV SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo
Aqib, Z. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model & Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa . Yogyakarta: Deepublish.
Djamil, Maryam. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Melalui Model Picture And Picture Pada Siswa Kelas II di SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.
Gustomo, Ade. 2015. Penerapan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-komponen System Pengoperasian. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 15(2): 59-63.
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Reflika Aditama.
Hipi, Nurivani Khairunisa. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Model Pembelajaran Concept Sentence Pada Siswa Kelas V di SDN 11 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.
Kurniasih, Imas & Berlin, Sani. 2018. Guru Jago Menulis: Step By Step Menulis Buku untuk Guru Hebat. Yogyakarta: Kata Pena
Kusnadi. 2016. Metode Pembelajaran Kolaboratif. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Mahajani, Novita Putri. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata Dengan Menggunakan Media Kotak Elkonin di Kelas II SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.
Mowuu, Santika. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Pendek Melalui Media Rekaman Pada Siswa Kelas IV SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.
Munirah. 2015. Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.
Muradi, Ahmad. 2016. Pembelajaran Menulis Bahasa Arab dalam Perspektif Komunikatif. Jakarta: Kencana.
Nafiāah, Siti Anisatun. 2018. Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Octavia, Shilphy. 2020. Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Paguse, Renaldy. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Model Snowball Throwing Kelas V SDN 8 Tilango, Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.
Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Gorontalo: UNG.
Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia & Pembentukan Istilah. 2017. Jakarta: PT Grasindo.
Pulukadang, Wiwy dan Evy Hasyim. 2014. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Gorontalo: Ideas Publishing.
Pulukadang, Wiwy T. 2017. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Lambang Bilangan Bahasa Inggris Melalui Direct Method di Kelas IV MIM Swadaya Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmu Pendidikan 8(2): 181-196.
Pulukadang, Wiwy T. 2018. Pembelajaran Terpadu. Gorontalo: Ideas Publishing.
Rahardi, Kunjana. 2009. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.
Romadhon, Sahrul. 2019. Manajerial Ketermapilan Menulis. Jawa Timur: Duta Media Publishing.
Sardila, Vera. 2015. Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam 40(2): 112-119.
Siddik, Mohammad. 2016. Dasar-dasar Menulis dengan Penerapannya. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.
Sidiki, Agnes Alvionita. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Melalui Kartu Kata Pada Siswa Kelas II di SDN 88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.
Sudaryono, Margono, G & Rahayu, W. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono & Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Supriyadi. 2014. Sintaksis Bahasa Indonesia. Gorontalo: UNG Press.
Sutiah. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Syahputra, Edy. 2020. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar . Sukabumi: Haura Publishing.
Usman, Fatima M. 2017. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Tipe Numbered Heads Together. Jurnal Ilmu Pendidikan 8(2): 241-248.
Copyright (c) 2021 Evi Hasim, Indah Permatasari Lamusu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




