PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA SD DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDEDTEMA PERMAINAN TRADISIONAL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah unyuk menghasilkan produk berupa LKS matematika SD dengan pendekatan open ended tema permainan tradisional.Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau research and development (R&D). Metode pengembangan LKS matematika berbasis pendekatan open ended menggunakan langkah-langkah penelitian pengembangan 4D diadaptasi menjadi 3 tahap yaitu: define, design, dan develop, yang penerapannya disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi dan respon siswa. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan penilaian validator,maka LKS matematika SD dengan pendekatan open endedtema permainan tradisional dinyatakan layak digunakan pad aproses pembelajaran. Berdasarkan pengolahan data hasil angket respon siswa, LKS matematika SD dengan pendekatan open endedtema permainan tradisional praktis digunakan oleh siswa
References
Daryanto. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Gaya Media.
Depdiknas. (2008). Strategi Pembelajaran danPemilihannya. Jakarta: Depdiknas.
Faridah, N., & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa. Jurnal pena ilmiah, 1(1), 1061-1070.
Latifah, S. (2017). Pengembangan LKS Matematika dengan Pendekatan Saintifik Kelas V MIN 4 Bandar Lampung. ISSN:2579-9444.
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana
Rafiah, H. (2019). Strategi Pemecahan Masalah Open-Ended Siswa Berpikir Kreatif Matematis Tinggi. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 75-83.
Rafiah, H., & Ekawati, A. (2018). Islamic Open-Ended Problems to Improve the Mathematical Creative Thinking Skills of Elementary School Students.Paper presented in The 1st International Conference on Mathematics and Islam (ICMIs) 2018, Mataram, August 3th-5th 2018.
Sa’dijah, C., Rafiah, H., Gipayana, M., Qohar, A., &Anwar, L. (2016). Asesmen pemecahan masalah open-ended untuk mengukur profil berpikir kreatif matematis siswa berdasar gender. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(2), 147-159.
Soeyono, Y. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA. 9(2).
Yuberti, Y. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).
Copyright (c) 2021 Hajjah Rafiah, Zahra Chairani, Siti Norjannah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
							
							



