Peningkatan Kapabilitas Kerja Sama Siswa Melalui Adventure Based Counseling Bagi Siswa Madrasah Aliyah
Abstract
Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gorontalo. Metode yang digunakan adalah Adventure-based Counseling dalam bentuk pelatihan, yang terdiri dari tiga langkah: (a) persiapan, (b) pelaksanaan, dan (c) evaluasi. Hasilnya, siswa memahami pentingnya kerja sama dalam pembelajaran di kelas dan kehidupan sehari-hari. Selain itu, siswa mempraktikkan konsep kerja sama selama kegiatan petualangan di alam terbuka, seperti kemampuan berkomunikasi, saling percaya, terlibat aktif, menyelesaikan konflik dalam kelompok, berbagi tugas dan peran, saling menghargai, serta memberikan dukungan emosional.
References
Bidari, B., & Hidayatillah, B. W. D. (2022). Pengaruh Metode Outbound Fun Game Untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Al Badriyah Sundak Rarang Lombok Timur Tahun 2020/2021. Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 42–56. https://doi.org/10.52166/alf.v3i1.2870
Brown, C. L., Christian, D. D., & Crowson, H. M. (2023). Effects of an Adventure Therapy Mountain Bike Program on Middle School Students’ Resiliency. Journal of Child and Adolescent Counseling, 9(2), 222–241. https://doi.org/10.1080/23727810.2023.2229084
Cahyaningtyas, D., Wardani, N. S., & Yudarasa, N. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Kerjasama Siswa Melalui Penerapan Discovery Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 59–67. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p59-67
DeDiego, A. C. (2023). Adventure Based Counseling. In T. B. Fletcher & A. C. DeDiego (Eds.), Creativity in Counseling Children and Adolescents. Routledge.
Fathimatuzzahrah, A. (2020). Keefektifan Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Dalam Penyelesaian Studi Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.72
Fletcher, T. B., & Hinkle, J. S. (2002). Adventure based counseling: An innovation in counseling. Journal of Counseling and Development, 80(3), 277–285. https://doi.org/10.1002/j.1556-6678.2002.tb00192.x
Gladding, S. T. (2021). The Creative Arts in Counseling (6th ed.). American Counseling Association.
Hartati, S. H., Koto, I. K., & Hambali, D. H. (2020). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecakapan Kerjasama pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 32 Bengkulu Tengah. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 98–112. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.12330
Hartinah, S., & Setyawan, A. D. (2019). Pengembangan Panduan Bimbingan Keterampilan Kerjasama Berbasis Permainan Tradisional Balbudih untuk Siswa SMP. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(2), 109–121. https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i2.916
Humaedi, H., Iskandar, H., & Abduh, I. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Outbound Pada Pendidikan Jasmani dalam Meningkatkan Kesegaran Jasmani Siswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(2), 117–122. https://doi.org/10.21067/jip.v9i2.3325
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1989). Cooperation and competition: Theory and research. Interaction Book Company.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2013). Cooperative, Competitive, and Individualistic Learning Environments. In J. Hattie & E. M. Anderman (Eds.), International Guide to Student Achievement (pp. 1033–1041). Routledege.
Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Holubec, E. J. (2008a). Advanced cooperative learning (5th ed.). Interaction Book Company.
Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Holubec, E. J. (2008b). Cooperation in the classroom (7th ed.). Interaction Book Company.
Kurniawati, H., Satyaninrum, I. R., Sayekti, S. P., & Rahmizar, P. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik pada Anak Usia Dini Melalui Outbound pada Siswa RA Al-Ghifary. LITERASI: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 1(2), 128–137. https://doi.org/10.58218/literasi.v1i2.406
Nugraha, A. (2018). Adventure Based Counseling dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 2(2), 75–83.
Nugraha, R. A., & Faridatussalam, S. R. (2024). Penguatan Keterampilan Komunikasi dan Kerjasama Siswa Melalui Program Outbound pada Yayasan Nur Hidayah Surakarta Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 2(1), 101–108. https://doi.org/10.54082/jpmii.331
Panji, P., Hidayah, N., & Hidayat, M. Y. (2023). Implementasi Program Outbound dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2713–2723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5909
Putri, D. N. P., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Peran Kinerja Guru Dalam Membentuk Karakter Kerjasama Pada Siswa Kelas IV. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(2), 176–189. https://doi.org/10.31538/almada.v5i2.2517
Rahim, M., Hulukati, W., & Puluhulawa, M. (2022). Peningkatan Kompetensi Produktif-Inovatif di Era New Normal Melalui Pelatihan Pengolahan Limbah Jagung Bagi Siswa SMA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 93–101. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/6092
Reba, Y. A., & Sofyan, A. (2023). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Outbound Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling. Coution : Journal of Counseling and Education, 4(1), 42–53.
Rici, O. T. W., & Alawiyah, T. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Kerjasama Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(5), 171–180. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i5.3520
Saputra, Y. A., & Faridatussalam, S. R. (2023). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Outbound pada SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen, Jawa Tengah. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 429–436. https://doi.org/10.54082/ijpm.272
Schoel, J., Prouty, D., & Radcliffe, P. (1988). Island Of Healing: A Guide to Adventure Based Counseling. Project Adventure, Inc.
Sembiring, I., Tarigan, B., & Budiana, D. (2020). Model Kooperatif Team Games Tournament (TGT): Peningkatan kreatifitas, kerjasama dan keterampilan bermain sepakbola siswa tunarungu. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(2), 128–140. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(2).5652
Triansyah, A., Atmaja, N. M. K., Abdurrochim, M., & Bafadal, M. F. (2020). Peningkatan karakter kepedulian dan kerjasama dalam pembelajaran mata kuliah atletik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 145–155. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i2.31124
Tuckman, B. W. (1965). Developmental sequence in small groups. In Psychological Bulletin (Vol. 63, Issue 6, pp. 384–399). American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/h0022100
Tuckman, B. W., & Jensen, M. A. C. (1977). Stages of Small-Group Development Revisited. Group & Organization Studies, 2(4), 419–427. https://doi.org/10.1177/105960117700200404
Yudianto, A., Nurpratama, M., Hadi, S., & Farida, U. (2023). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Untuk Peningkatan Kreativitas Dan Pembentukan Karakter Melalui Outbound Bagi Siswa MAN 2 Indramayu. Buletin Abdi Masyarakat, 3(2), 40. https://doi.org/10.47686/bam.v3i2.558



